Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Contoh Teks Deskripsi Singkat tentang Hewan Bahasa Indonesia

Apa itu teks deskripsi?, teks deskripsi adalah teks yang berisikan gambaran mengenai keadaan suatu objek yang didasarkan pada kegiatan pengamatan. Gambaran objek yang dijelaskan dalam teks haruslah membuat para pembacanya terkesan seolah-olah mereka melihat langsung objek aslinya.

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, sebuah teks deskripsi terdiri atas 3 struktur yaitu identifikasi, klasifikasi dan deskripsi. Masing-masing struktur ini membentuk sebuah teks yang utuh, jadi teks deskripsi tidak lengkap tanpa 3 struktur ini.

10 Contoh Teks Deskripsi Singkat tentang Hewan Bahasa Indonesia
Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan

Berbicara mengenai teks deskripsi, untuk mempelajari sesuatu tentunya kita akan lebih memahami jika diikuti oleh contohnya. Nah, jadi pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh teks deskripsi tentang hewan yang bisa kamu pelajari untuk lebih memahami tentang teks deskripsi.

Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan

Ada begitu banyak hewan menarik yang bisa kamu ceritakan atau kamu tulis menjadi sebuah teks deskripis yang menarik pula. Berikut adalah 10 contoh teks deskripsi tentang hewan yang bisa admin bagikan sebagai bahan pelajaran untuk sobat agar lebih memahami tentang teks deskripsi.

1. Teks Deskripsi tentang Kucing

Chiko adalah nama hewan peliharaanku. Dia anak kucing jantan yang berbulu lembut dan lebat. Chiko mempunyai bulu putih bercampur hitam diseluruh tubuh dan ekornya. Terdapat garis berwarna kuning pada bagian kaki depan dan belakangnya. Warna matanya coklat dan hidungnya juga putih bersih. Dia mempunyai ekor pendek dengan sepasang telinga hitam berbentuk segitiga. Meskipun Chiko memiliki cakar di kakinya, tapi dia tidak pernah mencakar orang. Aku memberi makan Chiko secara teratur, sebanyak tiga kali sehari. Dia amat menyukai makanan seperti daging, ikan dan ikan asin baik mentah ataupun matang, bahkan tulang ayam dan ikan pun jadi makanan favoritnya. Dia juga suka minum susu dan air putih.

Aku melatih Chiko agar selalu menjaga kebersihan dengan menyediakan tempat buang air untuknya. Terkadang, aku juga memandikannya agar dia tetap bersih dan terhindar dari kutu yang menempel di bulunya. Aku biasanya bermain Chiko menggunakan secarik kertas yang aku ikatkan pada benang. Saat benangnya aku tarik keatas dan kebawah, potongan kertas akan menariknya dan membuat dia mengejarnya. Dia sangat mengagumkan dengan tingkahnya yang suka bermain. Aku akan merawatnya dengan baik hingga dia tumbuh menjadi kucing dewasa.

2. Teks Deskripsi tentang Burung Kenari

Aku memiliki seekor burung kenari. Namanya Kinari, dia adalah burung kecil berbulu lembut. Kepala dan dadanya dipenuhi oleh bulu berwarna kuning cerah, dan bulu sayap serta ekornya berwarna kuning kehijauan. Dia terlihat indah dengan warna-warna tersebut. Aku meletakkan Kinari di dalam sebuah sangkar burung berukuran cukup besar agar dia memiliki lebih banyak ruang untuk bermain.

Aku biasanya memberi kinari makan dua kali sehari pagi dan sore. Terkadang aku memberinya makan makanan burung, biji padi, jangkrik, atau larva. Kinari sangat menyukai larva dan jangkrik. Aku juga biasanya memberikan sedikit air di dalam wadah kecil dalam kandang untuk dia minum. Setiap pagi aku meletakkan sangkarnya diluar, tepatnya di depan rumah agar dia tetap hangat. Kinari memiliki kicauan yang hebat, aku suka mendengarkan kicauannya, ini sangat indah, menenangkan dan menyenangkan.

3. Teks Deskripsi tentang Ikan Mas

Aku memiliki beberapa ikan mas di rumah, mereka adalah ikan mas berukuran kecil. Ikan mas ini memiliki warna yang berbeda, tiga dari mereka memiliki sisik berwarna kuning kemerah-merahan dengan beberapa tanda hitam, dan sisanya memiliki sisik berwarna hitam keabu-abuan dengan tanda hitam kemerah-merahan. Mereka semua memiliki sirip berwarna putih.

Aku meletakkan mereka di dalam sebuah kolam kecil di belakang rumah. Aku juga menaruh beberapa teratai di dalam kolam untuk mereka bermain. Mereka ikan yang sehat dan aktif berenang kesana kemari. Aku memberi mereka makanan ikan dan cacing dengan menaburkannya ke dalam kolam ikan. Mereka paling suka makan cacing dan makanan ikan. Saat aku memberi mereka makanan, mereka akan berenang dan segera mendekatiku. Aku sangat senang saat mereka berenang-renang di sekitarku.

4. Teks Deskripsi tentang Kelinci

Aku punya seekor peliharaan yang imut. Dia adalah seekor kelinci berbulu lembut. Kelinciku berjenis kelamin jantan. Aku menamainya koko karena dia sangat menggemaskan dengan pipinya yang tembem. Koko memiliki sepasang telinga abu-abu yang panjang. Dia mempunyai mata berwarna merah. Koko memiliki bulu hitam keabu-abuan di seluruh tubuhnya dengan beberapa bintik putih. Bulunya sangat lembut, karena itu aku sangat suka memeluk dan mengelus-elusnya.

Koko sangat suka makan berbagai jenis sayuran, rumput dan juga buah-buahan. Dalam sehari koko bisa menghabiskan banyak buah dan sayur. Aku memberinya makan dengan memegang dan mengarahkan makanan pada mulutnya. Koko tampak sangat lucu dan menggemaskan saat mengunyah makanannya.

Koko merupakan seekor kelinci yang sangat suka bermain. Dia biasanya suka melompat-lompat kesana kemari. Koko bisa melompat dengan tinggi dan cepat. Saat ada waktu luang, aku sering menghabiskan waktu untuk bermain dengannya, kejar-kejaran dan menangkapnya di halaman belakang. Koko juga sangat suka menggali tanah, itu mungkin karena instingnya membuat sarang di alam bebas. Aku sayang Koko dan akan selalu merawatnya dengan baik hingga tumbuh dewasa.

5. Teks Deskripsi tentang Hamster

Hamster merupakan salah satu dari jenis hewan pengerat atau disebut juga “Rodentia” yang menyerupai marmot, namun bedanya hewan ini memiliki ukuran tubuh yang lebih mungil. Hamster mempunyai bentuk tubuh agak gempal dengan ekor berukuran lebih pendek. Bulu di bagian telinganya agak lebat sehingga menyerupai rambut. Bagian kaki hewan ini agak melebar dan pendek.

Hewan mungil ini mempunyai bulu yang cukup tebal dan lebat. Bulu-bulunya memiliki warna unik yang berbeda-beda tergantung dari jenisnya seperti abu-abu, hitam, kuning, cokelat, dan putih. Beberapa jenis Hamster yang populer dikalangan pecinta hewan diantaranya adalah hamster dzungaria (hamster winter white), hamster cricetulus barabensis (si kerdil bergaris), hamster phodopus (si kerdil padang pasir) dan masih banyak lagi jenis lainnya. Hamster merupakan golongan hewan nokturnal yang selalu aktif di malam hari. Akan tetapi, hewan ini juga terkadang aktif di awal pagi dan akhir sore. Selebihnya hamster lebih banyak tidur di siang hari.

6. Teks Deskripsi tentang Panda

Aku pertama kalinya melihat Panda saat pergi ke kebun binatang kemarin. Panda merupakan hewan yang sangat lucu yang pernah saya temui. Dia mempunyai mata kecil dengan bintik-bintik hitam di sekitarnya. Panda memiliki warna tubuh yang khas yaitu hitam dan putih. Bentuk tubuh Panda hampir menyerupai beruang. Panda terlihat seperti binatang jinak tapi sebenarnya tidak. Makanan yang paling disukai Panda adalah bambu dan biasanya mereka hampir memakan 40 kg bambu hanya dalam satu hari. Panda adalah hewan yang berasal dari china. Saya sangat suka Panda karena mereka lucu dan menggemaskan.

7. Teks Deskripsi tentang Gajah

Gajah adalah hewan herbivor dan hampir memakan semua vegetasi dan buah-buahan. Gajah mempunyai, telinga lebar, empat kaki, belalai yang panjang dan kulit yang hampir tidak berambut. Mereka dikenal sebagai mamalia terbesar. Pendengaran Gajah sangat tajam karena mereka memiliki telinga yang besar dan lebar. Dengan telinga ini, Gajah dapat mendengar suara dari jarak berkisar sekitar puluhan kilometer. Mereka mempunya salah satu bagian paling lembut yang disebut buku jari di bagian belakang telinga. Di kebun binatang, pelatih gajah (Mahouts) menggunakan kaki mereka untuk memberi perintah atau mengarahkan untuk hewan melalui buku jari tadi. Gajah sekarang termasuk kedalam hewan yang dilindungi karena populasi mereka tetap kecil dihabitatnya. Populasi menurun dari tahun ke tahun.

8. Teks Deskripsi tentang Jerapah

Jerapah merupakan mamalia tertinggi di dunia. kamu bisa menemukan mereka di Afrika tengah, timur dan selatan. Beberapa dari mereka juga dapat kamu temui di kebun binatang. Seekor jerapah memiliki ciri khas leher dan kaki yang panjang. Leher Jerapah yang panjang membantunya untuk makan daun dari pohon-pohon tinggi. Jerapah biasanya menarik daun dengan lidahnya yang panjang. Di sekitar tubuh mereka kamu dapat melihat pola. Pola ini disebut “Giraffa camelopardalis”dalam bahasa ilmiahnya. Di atas kepala Jerapah terdapat tanduk yang berukuran kecil. Tanduk ini digunakannya untuk melindungi kepala saat bertarung.

9. Teks Deskripsi tentang Anjing

Kuro adalah nama dari anjing peliharaanku. Dia seekor anak anjing berjenis kelamin jantan. Kuro mempunyai bulu pendek dan lembut. Ayahku menghadiahkannya sebagai kado ulang tahunku. Kuro memiliki bulu berwarna hitam di seluruh bagian kaki dan lehernya dengan tanda putih di setengah bagian punggung serta ekornya. Bulu berwarna coklat menutupi kedua telinga, sekitar mata, dan juga kedua sisi kepalanya. Kuro memiliki hidung yang berwarna putih. Dia berukuran kecil dan pendek, hal ini membuatnya terlihat begitu lucu dan menggemaskan.

10. Teks Deskripsi tentang Kucing Persia

Kucing persia adalah salah satu dari jenis kucing yang mempunyai bulu yang cukup lebat dan panjang. Wajah Kucing Persia berbentuk agak bulat dengan hidung pendek. Posisi hidung pada kucing jenis ini terletak hampir sejajar dengan kedua matanya. Kalau diperhatikan agak menyamping, bagian dahi, hidung, serta dagunya terlihat datar. Tubuhnya yang gemuk dan gempal membuat kucing ini semakin terlihat lucu dan menggemaskan.

Diberi nama Persia, karena kucing ini pertama kali ditemukan di Persia, sehingga tidak heran namanya pun mengikuti daerah asal kucing ini ditemukan. Setelah perang dunia II berakhir, Kucing Persia mulai dikembangbiakkan di Amerika dan Inggriss. Dikedua negara ini Kucing Persia dikenal dengan sebutan “Persian Longhair”.

Berdasarkan rasnya, Kucing Persia terbagi menjadi dua macam yaitu, persia dengan warna perak cerah dan persia dengan warna agak gelap. Beberapa jenisnya yang populer diantaranya ialah Persia Medium, Himalayan, Flatnose, dan Peaknose. Kucing Persia adalah salah satu jenis kucing hias yang sangat populer dan paling banyak dipelihara oleh penggemar kucing di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Demikianlah informasi mengenai 10 Contoh Teks Deskripsi Singkat tentang Hewan yang bisa admin bagikan. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada kawan-kawan sobat. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

Posting Komentar untuk "10 Contoh Teks Deskripsi Singkat tentang Hewan Bahasa Indonesia"