Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10+ Universitas dengan Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik di Indonesia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis selalu masuk dalam deretan Fakultas yang paling diminati. Program studi ekonomi, termasuk bisnis dan manajemen selalu banyak dipilih oleh siswa. Bagi sobat yang berminat, tentunya akan mencari tahu terlebih dahulu perguruan tinggi mana yang terbaik.

10+ Universitas dengan Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik di Indonesia
Universitas dengan Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik

Indonesia memiliki begitu banyak universitas yang tersebar diberbagai daerah, dan banyak diantaranya yang memiliki jurusan manajemen bisnis dengan kualitas yang bagus. Diantara universitas tersebut ada yang sudah kamu kenal dan ada pula yang belum pernah kamu dengar. Oleh karena itu admin akan berbagi informasi untuk memudahkan kalian dalam menentukan perguruan tinggi mana yang bisa kamu pilih.

Universitas dengan Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik

Berdasarkan hasil perankingan oleh sebuah lembaga pemeringkat kredit Asal Prancis bernama Eduniversal Ranking, ada 10 universitas dengan sekolah bisnis terbaik di Indonesia. Sesuai dengan referensi ini, kamu tidak perlu bingung lagi untuk memilih dan menentukan kampus mana kamu bisa mendaftarkan diri. Berikut daftar kampus dengan sekolah bisnis dan jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia.

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

Siapa yang tidak kenal kampus yang satu ini?, kampus terpopuler di Indonesia yang dikenal dengan nama UI ini berada di peringkat pertama. UI mempunyai tiga departemen dengan 3 jenjang berbeda dalam Fakultas Ekonomi, yaitu S1, S2 dan S3 Ilmu manajemen, , S1, S2 dan S3 Ilmu akuntansi, serta S1, S2 dan S3 Ilmu ekonomi. Bukan hanya menurut Eduniversal Ranking, lembaga lain seperti QS World University Rankings juga menetapkan perguruan tinggi yang menjadi tempat studinya Chairul Tanjung ini sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia.

2. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung
Institut Teknologi Bandung

Selanjutnya ada Institut Teknologi Bandung atau yang lebih dikenal dengan singkatan ITB. Perguruan tinggi ini juga memiliki Sekolah Bisnis Manajemen yang terkemuka. Program studinya yang ada pun beragam, dimulai dari S1 di mana kamu dapat memilih jurusan Manajemen dan Kewirausahaan. Di jenjang Magister, ada jurusan S2 Bisnis Administrasi dan S2 Sains Manajemen. Dan yang terakhir, di jenjang Doktoral, kamu bisa memilih S3 jurusan Ilmu Manajemen.

3. IPMI International Business School

IPMI International Business School
IPMI Business School

Kampus bisnis pertama di Indonesia yang menerapkan kurikulum berbahasa Inggris penuh ini menyediakan Program Studi dengan 2 jenjang berbeda yaitu S1 dan S2. Untuk jenjang S1, terdapat program studi Manajemen dengan jurusan S1 Akuntansi dan Keuangan, S1 Kewirausahaan dan Manajemen, serta S1 Bisnis Internasional. Sedangkan untuk program S2nya terdapat program Master of Management.

4. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada

Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Gadjah Mada (UGM) menyediakan program studi mulai dari jenjang S1 sampai S3. Program studi yang paling populer dan banyak diminati adalah jenjang S2 program Magister Business Administration (MBA yang cocok untuk kamu yang sudah bekerja. Di perguruan tinggi ini proses pembelajaran dibagi menjadi dua, yaitu Executive A (untuk jadwal kelas di malam hari) dan Executive B (dengan jadwal kelas di hari Sabtu).

5. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga
Universitas Airlangga

Sejak tahun 2017 Universitas Airlangga atau lebih dikenal UNAIR telah masuk ke dalam deretan sekolah bisnis terbaik berdasarkan Eduniversal Ranking. Dengan menempati posisi lima dalam perankingan tersebut, ada empat departemen yang bisa kamu pilih, mulai dari Ekonomi Islam, Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi. Bukan hanya itu, semua departemen tersebut sudah terakreditasi dari lembaga baik itu di dalam maupun luar negeri.

6. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya
Universitas Brawijaya

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya atau disingkat UB berdasarkan SK MENDIKNAS No 232/2000, maka program pendidikan di Fakultas ini terdiri atas pendidikan akademik dan pendidikan professional. Saat ini UB menyediakan program studi dengan 3 jenjang berbeda. Jenjang S1 terdiri dari S1 Ilmu Ekonomi, S1 Manajemen dan S1 Akuntansi. Untuk program Magister kamu dapat memilih prodi S2 Ilmu Ekonomi, S2 Manajemen dan S2 Akuntansi. Dan yang terakhir jenjang Doktoral, terdiri dari prodi S3 Ilmu Ekonomi, S3 Ilmu Manajemen, S3 Ilmu Akuntansi dan Program Doktor Kampus Jakarta. Tidak kalah dari universitas lainnya, Perguruan tinggi ini juga menyediakan Program Pendidikan Internasional.

7. Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya

Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya
Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya

Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya adalah Peguruan Tinggi Swasta (PTS) kedua yang masuk ke dalam jajaran sekolah bisnis terbaik menurut Eduniversal Ranking. Sekolah Bisnis ini menyediakan program studi dengan 3 jenjang berbeda. Untuk jenjang S1 terdiri dari jurusan S1 Akuntansi, S1 Ekonomi Bisnis, S1 Event, S1 Bisnis Perhotelan, S1 Bisnis, S1 Branding, S1 Keuangan dan Perbankan, serta S1 Hukum Bisnis Internasional. Di jenjang S2, terdapat program Magister Manajemen, Magister Analisis Bisnis Terapan, Magister Manajemen Bisnis, Magister Manajemen Strategis dan Magister Inovasi Bisnis. Dan yang terakhir program Doktoral terdiri yaitu S3 Manajemen dan Kewirausahaan.

8. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro
Universitas Diponegoro

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro atau disingkat UNDIP memiliki program studi dari jenjang S1, S2,S3 dan Profesi. Pada jenjang S1, kami dapat memilih jurusan Manajemen, Ilmu Ekonomi, Akutansi dan Ekonomi Islam. Sedangkan di program S2, tersedia program Magister Manajemen, Magister Ilmu Ekonomi dan Magister Akuntansi. Untuk program S3-nya UNDIM menyediakan program Doktor Ilmu Ekonomi. Terakhir, Program Profesi tersedia Program Profesi Akuntansi. Semua program di Fakultas ini telah terakreditasi A, sehingga kualitas kurikulum dan fasilitas yang tersedia di kampusnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

9. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjara
Universitas Padjajaran

Universitas Padjadjaran atau UNPAD menjadi perguruan tinggi selanjutnya dengan jurusan bisnis dan manajemen terbaik di Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNPAD memiliki Program Studi dengan 5 jenjang berbeda, yaitu jenjang D IV, S1, S2, S3 dan Profesi. Prodi jenjang Diploma IV terdiri dari D IV Akuntansi Perpajakan, D IV Akuntansi Sektor Publik, D IV Bisnis Internasional dan D IV Pemasaran Digital.

Sedangkan untuk jenjang S1 kamu dapat memilih jurusan S1 Akuntansi, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, S1 Ekonomi Islam dan S1 Bisnis Digital. Program Magister terdiri dari S2 Ekonomi, S2 Ilmu Ekonomi, S2 Ilmu Manajemen, S2 Manajemen, S2 Akuntansi dan S2 Ekonomi Terapan. Untuk jenjang Doktoral ada prodi D3 Ekonomi, D3 Manajemen dan D3 Akuntansi. Terakhir kamu juga bisa melanjutkan jenjang Profesi Akuntansi (PPAK) di universitas ini.

10. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret
Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret (UNS) menempati posisi ke-10 sebagai Sekolah bisnis terbaik. Fakultas Ekonomi dan Bisnis di UNS saat ini memiliki 7 program studi yang terdiri dari tiga program Sarjana, tiga program Magister, dan satu program Doktoral. Untuk program S1 kamu bisa memilih jurusan Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Pembangunan. Sedangkan jenjang S2 terdiri dari Magister Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Studi Pembangunan. Dan untuk program Doktoral tersedia S3 Ilmu Ekonomi. Semua program studi tersebut telah terakreditasi oleh Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Indonesia.

11. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin
Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin (UNHAS) memiliki 5 (lima) program S1, yakni Ilmu Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, Akuntansi Internasional, Manajemen dan Manajemen Internasional. Sedangkan untuk jenjang S2 terdiri dari 8 (delapan) pilihan program studi, yaitu Magister Ekonomi Perencanaan dan Pembangunan, Ekonomi Sumber Daya, Akuntansi, Manajemen, Science Manajemen, Keuangan Daerah dan Micro Finance. Jika ingin menempuh pendidikan lebih tinggi lagi, tersedia jenjang S3 dengan program studi Doktor Ilmu Ekonomi, Ilmu Akuntansi dan Ilmu Manajemen. Terakhir untuk program profesi tersedia Profesi Akuntansi (AK) yang bisa kamu pilih.

12. Universitas Jenderal Soedirman

Universitas Jenderal Soedirman
Universitas Soedirman

Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) yang terletak di Daerah Purwokerto menyediakan program studi yang lebih banyak bila dibandingkan dengan perguruan tinggi sebelumnya. Program studi yang bisa kamu tempuh dimulai dari jenjang Diploma, Sarjana, Magister, Doktor hingga Profesi. Untuk jenjang Diploma terdiri dari D3 Administrasi Keuangan, D3 Akuntansi, D3 Administrasi Perkantoran dan D3 Bisnis Internasional.

Sedangkan jenjang S1 tersedia prodi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Ilmu Ekonomi. Untuk Program Magister ada S2 Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi. Jenjang S3 terdiri dari 2 (dua) prodi yaitu Management Science dan Economic Science. Dan yang terakhir kamu bisa melanjutkan jenjang Profesi Akuntansi. Bicara soal akreditasinya, rata-rata program studi yang tersedia telah mengantongi akreditasi A, jadi kamu tidak perlu ragu lagi!.

Demikianlah informasi mengenai universitas dengan jurusan manajemen bisnis terbaik di Indonesia. Jangan lupa bagikan artikel ini untuk kawan-kawan sobat yang membutuhkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

Posting Komentar untuk "10+ Universitas dengan Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik di Indonesia"