Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian SPSS, Fungsi, Kegunaan, Serta Kelebihan dan Kekurangan

SPSS adalah sebuah program yang sangat terkenal dan populer dikalangan para peneliti, baik itu di universitas, perusahaan dan pemerintahan aplikasi ini sangat sering digunakan. Selain penggunaannya yang mudah karena tidak harus belajar bahasa pemograman terlebih dahulu, fitur yang tersedia pun sangat lengkap sehingga untuk memudahkan pengguna dalam mengolah data.

Pengertian SPSS, Fungsi, Kegunaan, Serta Kelebihan dan Kekurangan
Apa Itu SPSS

Walaupun terkenal dikalangan para peneliti, namun masih banyak yang belum tahu mengenai software ini. SPSS memiliki banyak fungsi dan fitur yang terdapat di dalamnya. Penasaran apa saja fungsi, fitur, dan kelebihan serta kekurangan aplikasi ini?, yuk simak penjelasan berikut ini.

Pengertian SPSS (Statistical Product and Service Solutions)

SPSS adalah sebuah software yang memiliki kemampuan dan digunakan untuk melakukan analisis statistik cukup tinggi, analisis data dengan algoritma machine learning, analisis string dan analisis big data. SPSS adalah singkatan dari Statistical Product and Service Solutions.

Aplikasi SPSS sangat populer di kalangan para peneliti dan statistikawan untuk membantu dalam melakukan perhitungan terkait dengan analisis data. Aplikasi ini menyediakan library yang digunakan untuk perhitungan statistika secara antarmuka interaktif, sehingga SPSS menjadi software analisis data tingkat lanjut yang populer di berbagai universitas, instansi dan juga perusahaan.

Pengertian SPSS menurut para ahli

Menurut seorang ahli yang bernama Jonathan Sarwono (2006) SPPS atau Statistical Product and Service Solutions adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan perhitungan statistik dengan menggunakan program komputer. Kelebihan dari SPSS adalah penggunanya dapat melakukan perhitungan statistik secara lebih cepat dari yang sederhana sampai yang rumit sekalipun.

Pengembangan SPSS

Pada awalnya SPSS merupakan paket statistik yang dirilis pertama kali pada tahun 1998. Kemudian pada tahun 2009 SPSS diakuisisikan oleh IMB Corporation sebagai aplikasi IBM Analytic, yang selanjutnya program ini disebut IBM SPSS Statistics. Aplikasi ini dikembangkan dengan bahasa pemograman Java. Kini SPSS tersedia untuk berbagai platform seperti Microsoft Windows, Linux dan Mac OS. Program SPSS juga dapat diintegrasikan dengan menggunakan bahasa pemograman R, Microsoft.NET dan Python untuk penggunaan lebih lanjut.

Fungsi SPSS

SPSS banyak diminati karena mempunyai berbagai fungsi yang tersedia demi kemudahan pengguna atau user. Beberapa fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Data Editor

Data editor merupakan berfungsi sebagai jendela untuk pengolahan data. Program ini dirancang sedemikian rupa seperti pada aplikasi-aplikasi spreadsheet untuk mendefinisikan, memasukkan, mengedit dan menampilkan data.

2. Viewer

Fasilitas ini berfungsi untuk mempermudah user melihat hasil pemrosesan, menunjukkan dan menghilangkan bagian-bagian tertentu dari output, serta memudahkan distribusi hasil pengolahan dari SPSS ke software lain.

3. Multidimensional Pivot Tables

Hasil data yang sudah diolah akan ditunjukkan dengan multidimensional pivot tables. User dapat memeriksa tabel dengan pengaturan baris, kolom, serta layer. Bukan hanya itu, user juga dapat melakukan splitting table untuk mengatur kelompok data sehingga hanya satu group tertentu saja yang ditampilkan pada satu waktu.

4. High-Resolution Graphics

Bukan hanya kemampuan grafikal yang beresolusi tinggi, user dapat menampilkan bar charts, pie charts, histogram, 3-D graphics, scatterplots dan yang lainnya secara mudah. Dengan demikian user dapat dengan mudah dan nyaman dalam mengoperasikan SPSS.

5. Database Access

Dengan adanya fungsi ini, User dapat memperoleh kembali semua informasi dari sebuah database dengan menggunakan Database Wizard yang disediakannya.

6. Data Transformations

Program tranformasi data akan membantu user untuk memperoleh data yang siap untuk dianalisis. User dapat melakukan subset data, mengkombinasikan kategori, add, aggregat, merge, split, dan beberapa perintah transpose files, serta yang lainnya dengan mudah.

7. Electronic Distribution

Dengan adanya fungsi ini, user dapat mengirimkan laporan secara elektronik menggunakan sebuah tombol pengiriman data (e-mail) atau melakukan export tabel dan grafik ke mode HTML sehingga mendukung distribusi melalui internet dan intranet.

8. Online Help

Aplikasi SPSS menyediakan fasilitas online help berfungsi untuk membantu user dalam melakukan pekerjaannya. Bantuan yang disediakan oleh aplikasi ini dapat berupa petunjuk pengoperasian secara detail, kemudahan pencarian prosedur yang diinginkan sampai pada contoh-contoh kasus dalam pengoperasian program ini.

9. Akses Data Tanpa Tempat Penyimpanan Sementara

File data yang berukuran besar dapat disimpan tanpa memerlukan tempat penyimpanan sementara. Berbeda dengan SPSS sebelum versi 11.5 dimana file data yang berukuran besar akan dibuat tempat penyimpanan sementara (temporary file).

10. Interface dengan Database Relasional

SPSS menyediakan fasilitas yang akan menambah efisiensi serta mempermudah pekerjaan user untuk mengekstrak data dan menganalisnya dari database relasional.

11. Analisis Distribusi

Fasilitas yang disediakan ini dapat diperoleh pada pemakaian SPSS for Server atau untuk aplikasi multi user. Analisis ini adalah dapat digunakan oleh peneliti untuk menganalisis file-file data yang berukuran besar dengan cara me-remote dari server dan memprosesnya sekaligus tanpa harus memindahkan ke komputer user.

Penggunaan SPSS

SPSS populer diberbagai universitas, institusi dan perusahaan yang digunakan untuk menganalisis data. Adapun contoh penggunaan SPSS adalah sebagai berikut:
  • Melakukan market research (riset pemasaran).
  • Menganalisis data survey atau kuesioner.
  • Banyak digunakan oleh mahasiswa untuk penelitian akademik.
  • Banyak digunakan oleh pemerintahan untuk keperluan seperti lembaga BPS.
  • Data mining.
  • Membantu perusahaan untuk mengambil suatu keputusan.
  • Digunakan dalam penelitian kesehatan masyarakat.
  • Digunakan untuk mendokumentasikan data.
  • Representasi data statistik.
  • Memprediksi suatu kejadian time series.

Fitur Dasar SPSS

Selain memiliki beberapa fungsi, SPSS juga menyediakan beberapa fitur dasar yang harus sobat ketahui. Beberapat fitur dasar tersebut yaitu:

Fitur Dasar SPSS
Fitur Dasar SPSS


1. Statistika Deskriptif

Statistika deskriptif adalah sebuah metode yang berkaitan dengan pengumpulan data dan penyajian data, sehingga user dapat memperoleh suatu informasi dari data tersebut. Beberapa contoh statistika deskriptif yang sering digunakan adalah mean (rataan hitung), median (nilai tengah), modus (nilai yang sering muncul), standar deviasi dan lainnya.

2. Statistika Bivariat

Statistika bivariat adalah metode analisis yang sering digunakan untuk melakukan pengujian antar 2 variabel. Adapun contoh statistika bivariat adalah uji t, uji non-parametrik, ANOVA, teorema bayes, dan lain-lain.

3. Regresi Linear

Regresi linear adalah alat ukur yang biasa digunakan untuk mengukur hubungan suatu linear variabel independen dengan variabel independen.

4. Identifikasi Kelompok

Ada beberapa metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kelompok diantaranya: analisis faktor, analisis klaster (two-step, K-means, hierarchical), dan discriminant.

5. Analisis Spasial

Analisis spasial adalah suatu metode yang digunakan dalam pengolahan data Geographic Information System (GIS).

6. R Extension

R Extension SPSS adalah software berupa sebuah plugin yang dapat di install untuk melakukan implementasi algoritma yang dimasukkan pengguna dengan bahasa pemrograman R.

Kelebihan dan Kekurangan SPSS

Setiap aplikasi yang diciptakan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pula dengan aplikasi SPSS. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari SPSS.

Kelebihan SPSS

  • Sofware SPSS dapat mengakses data dari berbagai macam format yang tersedia, seperti pada Lotus, Text file, dBase, dll. Sehingga user dapat menggunakan semua data dari berbagai format data untuk dianalisis.
  • Tampilan data yang disediakan lebih informatif
  • Informasi yang diberikan lebih akurat dengan adanya kode alasan jika sewaktu-waktu terjadi missing data
  • Mudah digunakan, karena user tidak perlu belajar bahasa pemrograman

Kekurangan SPSS

  • Meskipun program ini tergolong mudah digunakan, namun user minimal harus mengetahui dasar ilmu statistik terlebih dahulu untuk untuk dapat menjalankannnya.
  • Versi terbaru yang berkembang dengan cepat dan tampilannya yang berbeda dari versi lama membuat user harus beradaptasi dengan tampilan baru agar dapat menjalankan program ini. Jangan lupa untuk memilih versi SPSS yang sesuai dengan Komputer/PC sobat.
  • Aplikasi SPSS kurang relevan jika dihadapkan pada sebuah data time series.
  • SPSS merupakan aplikasi berbayar, yang artinya kita harus mengeluarkan uang untuk membeli lisensinya.
Demikianlah informasi mengenai SPSS, fungsi SPSS, kegunaan SPSS, serta kelebihan dan kekurangan SPSS. Jangan lupa bagikan artikel ini untuk kawan-kawan sobat yang membutuhkan melalui media sosial. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

Posting Komentar untuk "Pengertian SPSS, Fungsi, Kegunaan, Serta Kelebihan dan Kekurangan"