Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Atlit atau Atlet, Mana Kata yang Benar?

Kata atlit atau atlet adalah kata yang sering kita dengar apalagi dikalangan pencinta olahraga. Kata yang digunakan di bidang ini walaupun lancar dalam pengucapannya namun penulisannya masih banyak yang salah.
 
Atlit atau Atlet, Mana Kata yang Benar?
Atlit atau Atlet

Penggunaan kata baku yang benar antara kedua kata ini kerap kali salah membingungkan orang yang menggunakannya. Banyak yang beranggapan atlet adalah kata yang benar, dan tidak sedikit yang mengatakan bahwa atlet yang benar. Lantas mana kata yang benar?.

Penulisan Atlit atau Atlet yang Benar

Menurut Kamu Besar Bahasa Indonesia kata yang benar adalah “atlet”. Kata atlit merupakan bentuk tidak baku dari kata atlet sehingga penulisan kata baku yang benar adalah atlet. Kata baku merupakan kata yang penulisannya merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Atlit atau Atlet menurut KBBI
Atlit atau Atlet menurut KBBI

Apabila kamu mencoba mencari kata kunci atlit di KBBI maka yang keluar adalah “maaf, tidak ditemukan kata yang dicari”. Sedangkan jika kamu mencari kata kunci “atlit” maka kata kunci akan ditemukan. Dalam KBBI atlet diartikan sebagai olahragawan yang mengikuti perlombaan atau pertandingan. Jadi, jika kamu ingin menggunakan kata ini dalam kalimat baku, maka gunakanlah kata atlet, bukan atlit.

Contoh Penggunaan Kata Atlet:

  • Atlet panjat tebing menyumbang satu medali emas dan satu medali perak untuk Indonesia
  • Para atlet mulai bersaing di kompetisi Internasional
  • Atlet itu berlari kencang untuk mencapai garis finis
  • Hujan deras membuat para atlet sepak bola tidak bisa melanjutkan pertandingan
  • Atlet itu mengalami cedera berat
Demikianlah informasi mengenai mana kata yang benar atlit atau atlet. Jangan lupa share artikel ini untuk teman-teman sobat yang membutuhkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

Posting Komentar untuk "Atlit atau Atlet, Mana Kata yang Benar?"