Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10+ Contoh Teks Deskripsi Objektif Singkat Bahasa Indonesia

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan sesuatu dengan sehingga pembaca seolah-olah merasakan sendiri hal atau peristiwa yang terjadi dalam teks. Teks deskripsi juga disebut teks pemerian karena bertalian dengan usaha untuk memberikan rincian informasi dari objek yang sedang di bahas.

10+ Contoh Teks Deskripsi Objektif Singkat Bahasa Indonesia
Contoh Teks Deskripsi Objektif

Hal yang deskripsikan dapat berbentuk suasana, karakteristik, sifat maupun perasaan dari objek yang dibahas. Sehingga jelas teks ini memberikan gambaran utuh yang akan disampaikan kepada pembaca. Jadi dapat disimpulkan teks deskripsi adalah hasil observasi, berupa informasi yang digunakan untuk mendeskripsikan objek dengan jelas.

Contoh Teks Deskripsi Objektif

Belajar tentang teks, akan lebih mudah dipahami jika melihat contohnya langsung. Pada kesempatan sebelumnya admin sudah pernah membahas contoh teks deskripsi tempat wisata, dan di kesempatan kali ini yuk cari tahu contoh teks deskripsi objektif.

Contoh 1

Buah mangga adalah buah yang sangat sering ditemukan di lingkungan sekitar. Bentuk dan warna buah ini pun bervariasi. Ada yang berbentuk lonjong sampai bentuk bulat. Warnanya pun sangat bervariasi, mulai dari hijau tua, hijau kekuningan, dan ada yang warnanya kuning. Ketika buah ini matang rasanya sangat manis. Selain enak dinikmati saat matang, buah mangga juga bisa dinikmati saat masih muda (belum matang). Buah yang belum matang bisa dinikmati dengan dibuat rujak atau ditaburi bumbu rujak. Para ibu hamil ataupun penggemar rujak biasanya sangat menyukai buah mangga ini.

Contoh 2

Cilok adalah jajanan khas Bandung yang memiliki bentuk bulat. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini yaitu tepung aci atau tapioka, air, garam, bumbu penyedap lainnya. Tepung tapioka dicampur dengan air, garam, dan bumbu penyedap lainnya sehingga terciptalah makanan ini. Bahan-bahan tersebut kemudian dibuat bulat-bulat dan dikukus hingga matang. Setelah matang, cilok lalu diberi bumbu sesuai dengan selera. Biasanya, bumbu yang diberikan adalah bumbu kacang, kecap, saus sambal, dan saus cabai.

Contoh 3

Budi adalah kawan sekelasku di sekolah. Badannya cukup sekitar 180 cm menjulang ke atas, kira-kira hampir sepantar dengan tiang gawang sepakbola. Hidungnya cukup mancung dan mempunyai perawakan yang tampan. Jika dia berbicara, suaranya yang begitu kecil membuat ucapannya kurang terdengar.

Contoh 4

Kemarin malam, aku melihatnya tengah duduk sendirian di taman. Saat itu, dia mengenakan pakaian yang berwarna serba merah muda, mulai dari jilbab, sweater, hingga rok panjang. Saat itu dia telihat sangat depresi seolah-olah ada beban berat yang ditanggungnya.

Contoh 5

Pohon rambutan yang aku dan ayah tanam beberapa waktu lalu pelahan mulai bertumbuh. Batangnya yang berwarna coklat mulai tumbuh menjulang hingga hampir mencapai 2 meter. Begitu pula dengan dahan dan rantingnya yang juga mulai tumbuh. Daun-daun hijau mulai melebat di hampir setiap rantingnya. Bakal bunga pun mulai bertumbuh di beberapa sudut ranting pohon ini.

Contoh 6

Gaplek adalah bahan dasar yang digunakan untuk membuat nasi tiwul. Gaplek dibuat menggunakan singkong yang dicuci bersih dan dikupas kulitnya, lalu dijemur hingga kering dan ditumbuk hingga halus. Warna kecoklatan pertanda kalau Gaplek sudah jadi dan teksturnya lembut saat diraba. Gaplek mempunyai rasa yang manis saat dimakan.

Contoh 7

Orang Indonesia pasti kenal dengan makan hasil fermentasi satu ini. Tempe adalah salah satu makanan terbuat dari kacang kedelai yang telah melalui proses fermentasi. Makanan ini memiliki warna putih mentah dan teksturnya lembut saat dipegang. Ketika sudah digoreng, warnanya akan berubah menjadi kecoklatan. Selain digoreng, tempe juga enak untuk disemur, diorek, ataupun dibacem. Saat ini tempe tidak hanya terkenal di Indonesia, namun juga dimanca negara.

Contoh 8

Suci adalah orang yang sangat baik. Dia memiliki rambut lurus hitam pekat, badannya ramping, dan matanya bagus. Ia merupakan teman dekatku saat di SMA. Suci selalu membawa sarapan telor dadar dan ia adalah teman baikku sampai saat ini.

Contoh 9

Saat kamu berkunjung ke kota semarang, sempatkan diri untuk mencicipi salah satu makanan ikonik di kota ini. Benar, makanan itu adalah tahu gimbal, makanan yang menjadi ciri khas kota semarang ini sangat jarang di temui di daerah lain. Disebut tahu gimbal karena proses pembuatnya yang unik. Tahu ini tidak langsung digoreng begitu saja, tapi dibungkus dengan telur sehingga terlihat acak acakan atau gimbal. Makan ini disajikan dengan telur dadar, lontomg, rempeyek udang, kerupuk udang dan potongan tempe goreng yang kemudian di siram dengan sambal kacang. Tahu gimbal dapat dengan mudah kamu temui di semarang tepatnya di area simpang lima dengan kisaran harga 15.000 rupiah. Cukup terjangkau untuk porsi besar sepiring tahu gimbal komplit dengan telur dadar.

Contoh 10

Saat aku bertamu kerumahnya pagi itu, kurasakan kenyamanan di setiap sudut ruang rumah. Terlihat begitu bersih dan rapi oleh sentuhan seorang wanita. Bunga matahari yang mekar sempurna tampak dari salah satu sudut rumah. Kelopak bunga merekah dengan warna hijau dan kuning yang memikat. Ia bergoyang laksana tengah menari ditiup oleh angin pagi yang sepoi-sepoi.

Contoh 11

Pantai Nusa Penida merupakan pantai yang berada di Kabupaten Kelungkung, Bali. Pantai ini memiliki tatanan keindahan alam yang sangat memukau, khususnya bagi para wisatawan yang mengimpi-ngimpikan suasana laut yang nyaman, tenang, dan jauh dari kebisingan kota. Pohon-pohon rindang tumbuh disekitar pesisir pantai. Lautnya terbentang luas dihiasi pasir putih. Bagi penyelam, Nusa Penida menjadi tempat idaman, karena pantai ini menawarkan keindahan ikan laut menarik. Pemerintah Daerah Bali harus menata dan mengelola Pantai Nusa Penida sebagai tempat tujuan wisata alternatif.

Contoh 12

Buah kersen mempunyai nama ilmiah “Muntingia Calabura”. Bentuknya bulat kecil dengan diameter sekitar 1-1,5 cm dan berwarna hijau saat baru tumbuh. Ketika hendak matang, warnanya akan berubah menjadi kuning dan perlahan-lahan menjadi merah ketika matang. Buah ini memiliki tekstur yang sangat lembut dengan rasa yang manis dan mirip seperti biji-bijian yang bentuknya sangat kecil.

Nah, sudah tahu bukan gimana contoh teks deskripsi objektif?. Jangan lupa bagikan artikel ini untuk teman-teman kamu ya sobat. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

Posting Komentar untuk "10+ Contoh Teks Deskripsi Objektif Singkat Bahasa Indonesia"