Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Praktek atau Praktik, Mana Kata yang Benar?

Banyak yang terkecoh dalam mengenali kata baku praktek atau praktik. Walaupun dua kata ini memiliki kemiripan hanya berbeda di kata “e” dan “i” saja, namun hanya satu diantara keduanya yang merupakan kata baku.

Karena terlihat begitu mirip dengan perbedaan kecil sering kali membuat kita malas untuk mencari tahu kata yang benar dalam penulisannya sesuai dengan kaidah yang berlaku. Sehingga menyebabkan penggunaan kata yang salah dalam keseharian kita, bahkan mungkin sudah menjadi kebiasaan kita menggunakannya.

Praktek atau Praktik, Mana Kata yang Benar?
Praktek atau Praktik

Kesalahan penulisan ini berakibat sangat fatal dalam penggunaan kata baku Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mengapa demikian?, karena penulisan kata yang salah akan mengandung makna yang salah. Lalu seharusnya bagaimana?.

Nah sobat, pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan penulisan kata yang benar antara praktek dan praktik, seperti sebelumnya admin sudah membahas penulisan yang benar apotek atau apotik. Penasaran?, yuk simak penjelasan berikut ini.

Kata Baku Praktek atau Praktik

Bentuk baku yang benar adalah “praktik”, kata ini sering kali disalahtuliskan dengan kata “praktek” yang merupakan kata tidak bakunya. Kata “praktik” diserap dari Bahasa Inggris yaitu “Practice”, untuk setiap kata yang memiliki akhiran “ic” maka perubahan yang tepat ke dalam Bahasa Indonesia sesuai EYD (Ejaan yang Disempurnakan) menggunakan “ik” sehingga penulisan kata baku yang tepat adaah “Praktik”.

Kemiripan lafal kata inilah yang sering kali membuat kesalahan penulisan menjadi kata “praktek”. Agar mudah diingat, coba sobat lihat kata “Praktikum”, menggunakan huruf “i” kan bukan “e”, karena kalo pake “e” nanti jadinya “Praktekum”, hehehe.

Praktek atau Praktik Menurut KBBI

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia penulisan yang benar adalah “Praktik”, sedangkan kata praktek merupakan kata tidak baku dan tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jadi jangan salah lagi ya sobat karena kata bakunya adalah praktik.

Praktek atau Praktik Menurut KBBI

Dalam KBBI kata praktik diartikan sebagai berikut:
  • Pelaksanaan secara nyata apa yang disebut dalam teori, contohnya: teorinya mudah, tetapi praktiknya sukar
  • Pelaksanaan pekerjaan (tentang dokter, pengacara, dan sebagainya), contohnya: praktik dokter dibuka mulai pukul 15.00
  • Perbuatan menerapkan teori (keyakinan dan sebagainya); pelaksanaan, contohnya: aturan itu menemui kesukaran dalam praktiknya
Nah sobat, udah gak bingung lagi kan mana yang benar kata praktek atau praktik?, karena yang benar adalah kata “Praktik”. Jadi jangan salah lagi ya nulisnya!. Sebagai warna negara yang baik, mari kita belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada kawan-kawan sobat yang membutuhkan melalui media sosial.

Semoga bermanfaat dan terima kasih
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

Posting Komentar untuk "Praktek atau Praktik, Mana Kata yang Benar?"