Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apotik atau Apotek, Mana Kata yang Benar?

Berbicara mengenai kata baku, masih banyak yang belum tahu dan belum paham mana kata yang benar antara kata apotik dengan apotek. Akibat dari ketidaktahuan tersebut maka penggunaan kata pun sering salah digunakan dan banyak yang tidak berniat untuk memperbaikinya karena beranggapan kalau penulisannya hanya sedikit berbeda dan tidak akan berpengaruh besar terhadap maknanya.

Pemikirian yang demikian adalah salah besar. Penggunaan kata yang salah berarti bermakna salah dan jelas kata tersebut tidak termasuk dalam kata baku karena tidak sesuai dengan penulisan di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Lantas bagaimana seharusnya?.
 
Apotik atau Apotek, Mana Kata yang Benar?
Apotik atau Apotek

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan mengulas penggunaan kata yang benar apotik atau apotek, seperti sebelumnya kita pernah membahas kata saleh, shaleh atau sholeh. Tanpa berlama lama yuk simak penjelasannya.

Kata Apotik atau Apotek yang Baku

Kata “apotek” dan “apotik” adalah ejaan asing yang sama-sama berasal dari Bahasa Belanda yaitu “apotheek” yang memiliki makna “tempat menjual, membuat atau meramu obat”. Istilah “apotheek” ini juga berasa dari Bahasa Yunani yaitu “apotheca” yang artinya “gudang atau penyimpanan”.

Jika dilihat dari bahasa asalnya, gugus vokal yang digunakan pada suku kata ketiga pada kata “apotheek” adalah huruf “ee” bukan “ie”. Sesuai dengan kaidah atau ketentuan penyesuain ejaan asing ke dalam Bahasa Indonesia yang sudah di atur dalam Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (Buku Pedoman EYD), huruf “ee” diserap ke dalam Bahasa Indonesia menjadi “e”. Dengan demikian penulisan kata baku adalah “apotek” bukan "apotik”. Seorang ahli dalam obat-obatan disebut dengan “apoteker”.

Kata Apotik atau Apotek dalam KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) penulisan kata yang benar adalah “apotek” buka kata “apotik”. Jadi sobat jangan salah lagi ya dalam menulis karena penggunaan kata baku dan tepat adalah “apotek”.

Apotik atau Apotek, Menurut KBBI

Dalam KBBI Kata apotek diartikan sebagai berikut
  • Toko tempat meramu dan menjual obat berdasarkan resep dokter serta memperdagangkan barang medis
  • Rumah obat
Nah sobat, demikianlah informasi mengenai penulisan kata baku apotik atau apotek yang benar. Jadi jangan salah lagi ya!, sudah saatnya kita mulai belajar dan memahami penggunaan kata baku dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mengapa demikian?, karena sebagai warga negara Indonesia yang baik, belajar Bahasa Indonesia memang suatu keharusan.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman sobat yang membutuhkan melalui media sosial

Semoga bermanfaat dan terima kasih
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

Posting Komentar untuk "Apotik atau Apotek, Mana Kata yang Benar?"