Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Berkas dan Perlengkapan yang Harus Dibawa Pada Saat Tes UTBK SBMPTN 2021

Sijenius.Com – Halo sobat jenius, tidak disangka-sangka SBMPTN 2021 sudah di depan mata ni. Nah, udah sampai mana persiapan kalian untuk menghadapi SBMPTN tersebut?.

Berkas dan Perlengkapan yang Harus Dibawa Pada Saat Tes UTBK SBMPTN 2021
Berkas UTBK

Jadi pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi informasi mengenai berkan dan perlengkapan yang harus sobat bawa pada saat Tes UTBK SBMPTN 2021. Penasaran apa aja berkas dan perlengkapannya?, yuk simak penjelasan berikut ini.

Berikut berkas dan perlengkapan yang harus dibawa oleh peserta pada saat tes UTBK-SBMPTN 2021, meliputi:

Masker

Dikeranakan saat ini kita berada ditengah pandemi COVID-19, maka protokol kesehatan harus tetap dijaga dan dijalankan, salah satunya yaitu menggunakan masker. Masker wajib dibawa sendiri oleh peserta sebagai protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran COVID-19 selama pelaksanaan UTBK 2021 serta selalu menjaga jarak ketika dilokasi UTBK. Masker ini menjadi salah satu persyaratan penting yang harus dibawa saat utbk 2021.

SKL Asli atau Surat Keterangan Aktif

SKL Asli

Bagi sobat lulusan tahun 2021, pasti kebanyakan dari kalian ijazah yang sah dari sekolah belum keluar, oleh karena itu silakan kalian membawa Surat Keterangan Lulus (SKL) yang asli, dengan syarat sebagai berikut.
  • Pada Surat Keterangan Lulus tersebut terdapat : Nama siswa, NISN, NPSN sekolah, dan pasfoto siswa terbaru bewarna (3 bulan terakhir).
  • Tanda tangan kepala sekolah
  • Cap atau stempel asli dan basah dari sekolah
Cap asli dan basah artinya Cap tersebut langsung distempel basah di sekolah. Tidak boleh apabila SKL yang sudah ditandatangani dan dicap kemudian file scan diberikan kepada siswa untuk diprint sendiri. INGAT TIDAK BOLEH!!!.

Surat Keterangan Aktif

Bagi siswa lulusan 2021 yang belum ujian sekolah dan belum lulus pastinya tidak akan dapat SKL. Oleh karena itu, bisa dengan menggunakan Surat Keterangan Aktif (SKA) atau Surat Keterangan Identitas Pelajar dari sekolah sebagai siswa.

Adapun data yang harus ada dalam Surat Keterangan Aktif atau Surat Keterangan Identitas Pelajar dari sekolah untuk UTBK 2021 adalah:
  • Surat dalam bentuk hardfile bukan softfile
  • Memuat informasi jati diri (Nama lengkap, Tempat & Tanggal Lahir, NISN, NPSN).
  • Foto berwarna terbaru yang bersangkutan (ukuran dan background bebas).
  • Ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah (cap basah).

Fotokopi Ijazah Legalisir

Fotokopi Ijazah untuk lulusan 2019 dan 2020

Bagi lulusan tahun 2019 dan 2020, karena ijazah sudah keluar 1 tahun atau bahkan 2 tahun yang lalu maka diwajibkan membawa fotokopi Ijazah yang sudah dilegalisir oleh sekolah. Tidak boleh membawa surat keterangan lulus (SKL) ataupun Surat Keterangan Aktif (SKA).

Apabila tidak memiliki fotokopi Ijazah yang sudah dilegalisir, boleh membawa Ijazah Asli, dengan syarat menjaga baik-baik ijazah asli tersebut dan jangan sampai hilang dan risiko ditanggung peserta.

Kartu Identitas Diri

Untuk menghindari adanya kecurangan yang akan muncul, maka peserta diharapkan membawa kartu identitas diri yang resmi. Silakan sobat memilih salah satu dari kartu indentitas diri dibawah ini dan dibawa yang asli.
  • KTP
  • SIM
  • Paspor
  • Kartu siswa atau Kartu pelajar
Jika tidak memiliki keempat dari kartu identitas diri diatas, silahkan membawa kartu keluarga sebagai gantinya.

Kartu Peserta UTBK SBMPTN 2021

Kartu peserta UTBK 2021 adalah persyaratan yang harus dibawa saat UTBK atau berkas terakhir yang dibawa, kartu ini harus dicetak (hardfile) bukan berupa file di smartphone (softfile), dengan syarat sebagai berikut.
  • Kartu peserta UTBK 2021 dicetak pada kertas HVS putih ukuran A5/A4/F4 (pilih salah satu).
  • Kartu peserta UTBK 2021 dicetak berwarna (bukan hitam putih).
  • Pastikan foto, nama, nomor pendaftaran, dan Code QR UTBK SBMPTN 2021 terlihat dengan jelas karena akan dilakukan pengecekan keaslian peserta dan juga scan Code QR untuk memastikan kebenaran peserta.
  • Code QR pada kartu peserta UTBK hanya bisa di scan oleh aplikasi scan khusus yang dimiliki oleh panitia. Jadi sobat harus pastikan hasil print di kertas terlihat baik jelas, tajam, dan tidak berbayang (shadow) ya.
Admin sarankan sobat print 3 lembar, 2 dibawa saat Tes UTBK untuk jaga-jaga apabila dijalan rusak atau hilang, dan 1 lagi disimpan dirumah.

Pentingnya kartu peserta UTBK 2021

Berikut adalah beberapa hal yang harus sobat ketahui mengenai pentingnya kartu peserta UTBK 2021 ini:
  • Sebagai syarat masuk ruang ujian nanti.
  • Biasanya nomor peserta UTBK ini akan digunakan untuk melihat pengumuman kelulusan SBMPTN 2021.
  • Apabila dinyatakan lolos, kartu peserta UTBK 2021 ini akan digunakan sebagai syarat wajib registrasi (daftar) ulang di kampus masing-masing. Jika hilang dan tidak punya, ya kelulusan sobat bisa jadi diragukan pihak oleh kampus dan bahkan bisa digagalkan lulusnya.
  • Sebagai syarat untuk daftar Seleksi Mandiri.

Perlengkapan

Adapun perlengkapan lain selain keempat berkas diatas yang dibawa untuk jaga-jaga dan keselamatan diri adalah:
  • Alat tulis (pensil, penghapus, rautan dan bolpoin)
  • Jangan lupa bawa minuman supaya tidak dehidrasi sebelum melaksanakan UTBK (simpan saat UTBK berlangsung, karena saat pelaksanaan UTBK dilarang makan dan minum).
Demikianlah informasi mengenai berkas dan perlengkapan yang harus sobat bawa pada saat Tes UTBK SBMPTN 2021. Semoga bermanfaat dan sukses UTBKnya.

Jangan lupa pantau terus artikel terbaru dari blog ini dan bagikan artikel ini untuk kawan-kawan kalian yang membutuhkan.
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

Posting Komentar untuk "Berkas dan Perlengkapan yang Harus Dibawa Pada Saat Tes UTBK SBMPTN 2021"