Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10+ PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang Ada Jurusan S1 Analis Kesehatan Terbaik

Sijenius.Com – Di Indonesia ada begitu banyak Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki fakultas atau jurusan yang berhubungan dengan kesehatan. Jurusan kesehatan memang memiliki peminat yang sangat banyak dibandingkan jurusan lainnya.

Jadi tidak heran jika jurusan kesehatan pasti menjadi jurusan terfavorit di universitas tersebut. Karena jurusan kesehatan memiliki prospek kerja yang menjajikan kedepannya.

10+ PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang Ada Jurusan S1 Analis Kesehatan Terbaik
Jurusan Analis Kesehatan

Ternyata ada begitu banyak calon mahasiswa baru yang mencari informasi seputar PTN yang ada jurusan S1 Analis Kesehatan. Nah, jadi pada kesempatan kali ini admin ingin membagi informasi seputar PTN yang ada jurusan S1 Analis Kesehatan. Penasaran?, yuk simak penjelasannya.

Apa itu Jurusan Analis Kesehatan?

Analis kesehatan merupakan profesi yang bekerja pada sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan yang bukan berasal dari manusia untuk menentukan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan, atau faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan perorangan atau masyarakat.

Jadi dapat disimpulkan bahwa jurusan analis kesehatan merupakan jurusan yang didalamnya para mahasiswa dibina dan disiapkan untuk menjadi seorang analis kesehatan professional.

Daftar PTN yang Ada Jurusan S1 Analis Kesehatan

Bagi sobat yang mencari informasi seputar PTN dengan jurusan S1 Analis Kesehatan. Berikut admin bagikan informasi seputar PTN yang ada jurusan S1 Analis Kesehatan yang bisa menjadi referensi sobat untuk melanjutkan studi. 

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Siapa yang tidak kenal dengan universitas satu ini?. UGM merupakan salah satu PTN terbaik di Indonesia, yang menjadi impian bagi pelajar yang ingin melanjutkan studinya.

Tidak heran banyak sekali generasi milenial yang bercita-cita untuk melanjutkan studinya universitas ini. UGM terletak di daerah Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DIY.

2. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas yang satu ini juga tidak kalah tenarnya. UB merupakan salah satu PTN yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa baru saat ini. Universitas ini juga memiliki banyak sekali jurusan kuliah yang bisa sobat pilih.

Beberapa diantaranya bahkan tidak ada di PTN lainnya. Dengan banyaknya pilihan jurusan yang ada, membuat peluang para calon mahasiswa untuk menempuh studi disini semakin besar. Dari begitu banyaknya jurusan tersebut, jurusan yang saat ini mendapat sorotan lebih adalah jurusan S1 Analis Kesehatan, karena tidak semua PTN memiliki jurusan ini.

3. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga merupakan salah satu PTN terbaik di Indonesia yang memiliki jurusan S1 Analis Kesehatan. Universitas ini telah berhasil mencetak Ahli di bidang kesehatan paling banyak dibandingkan universitas lainnya. Oleh sebab itu, universitas ini sangat di rekomendasi bagi sobat yang ingin menjadi seorang Analis kesehatan professional.

4. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Seiring berjalannya waktu, universitas ini menjadi PTN yang semakin lama memiliki jumlah peminat yang semakin banyak. UNHAS terletak di kota Makassar, dengan kualitas yang sangat bagus, universitas ini tidak perlu diragukan lagi dan menjadi rekomendasi bagi sobat yang ingin melanjutkan studinya.

5. Poltekkes Kemenkes Jakarta

Poltekkes Kemenkes Jakarta merupakan perguruan tinggi setingkat akademi yang bernaung dibawah kementerian kesehatan. Poltekkes Kemenkes Jakarta termasuk salah satu institusi pendidikan tinggi kesehatan negeri terbaik di Indonesia yang membuka jurusan Analis Kesehatan.

6. Poltekkes Kemenkes Bandung

Poltekkes Kemenkes Bandung juga merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi kesehatan negeri terbaik di Indonesia. Lulusan dari Politeknik Kesehatan ini khususnya jurusan Analis Kesehatan akan dibina untuk menjadi seorang professional yang bertanggung jawab atas profesinya.

7. Poltekkes Kemenkes Surabaya

Termasuk ke dalam salah satu Politeknik Kesehatan tertua di Indonesia, Poltekkes Kemenkes Surabaya saat ini juga memiliki jurusan Analis Kesehatan dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak. Setiap tahunnya, jurusan ini selalu memiliki peminat yang cukup banyak, tidak kalah dari jurusan lainnya.

8. Poltekkes Kemenkes Semarang

Dari begitu banyaknya Politeknik Kesehatan yang ada di Indonesia, salah satu yang terbaik adalah Poltekkes Kemenkes Semarang. Politeknik Kesehatan ini juga menyediakan jurusan S1 Analis Kesehatan untuk para calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan studinya. Bukan hanya itu, Politeknik Kesehatan ini juga memiliki beragam fasilitas pendidikan yang berkualitas.

9. Poltekkes Kemenkes Malang

Siapa yang tidak tahu dengan Politeknik Kesehatan satu ini?, Poltekkes Kemenkes Malang sudah menjadi Politeknik Kesehatan Negeri yang telah banyak menyumbang lulusan terbaikknya untuk terjun langsung ke dunia kesehata. Lulusan dari Politeknik ini dipercaya menjadi seorang ahli di bidang kesehatan yang professional dan berkualitas.

10. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Dan untuk daftar perguruan tinggi dengan jurusan S1 Analis Kesehatan yang terakhir adalah Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Politeknik Kesehatan yang terletak di kota Pelajar ini membuat perguruan tinggi ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya dan menjadi salah satu rekomendasi untuk sobat yang ingin melanjutkan studinya.

Kuliah di Jurusan Analis Kesehatan, Belajar Apa sih?

Nah, pasti banyak yang bertanya-tanya apa yang akan dipelajari jika kuliah di jurusan ini. Jurusan Analis Kesehatan atau yang juga dikenal dengan Teknologi Laborolatorium Medis ini mempelajari teori maupun teknis dalam pemeriksaan labolatorium.

Masih penasaran apa aja mata kuliahnya?, berikut beberapa mata kuliah yang dipelajari yaitu:
  • Bakteriologi, Biokimia, Biologi Molekuler
  • Flebotomi (teknik pengambilan darah)
  • Kimia Amami (air, makanan, minuman), Kimia Analitik, Kimia
  • Parasitologi, Patofisiologi, Pengantar Laboratorium MedikKlinik
  • Imunokimia, Imunohematologi, Imunoserologi
  • Hematologi (pemeriksaan darah)
  • Histologi (struktur jaringan tubuh)
  • Sitohistoteknologi, Toksikologi, Urinalisa, Virologi dan beberapa mata kuliah tambahan lain sebagai mata kuliah penunjang.

Apa saja syarat Kuliah di jurusan Analis Kesehatan?

Udah tahu mata kuliahnya, terus syaratnya apa aja sih agar bisa kuliah di jurusan ini?, berikut syarat-syarat kuliah di jurusan Analis Kesehatan:
  • Lulusan dari SMA IPA atau SMK Analis Kesehatan
  • Tidak buta warna
  • Kesiapan mental/Tidak jijik dengan cairan
  • Harus bisa atau pandai menghafal dan menganalisa
  • Mempunyai fisik yang bagus, karena jam kuliahnya dari pagi hingga sore ditambah membuat tugas/laporan
  • Pintar manajemen waktu, karena sehari bisa ada 2-4 praktikum
Demikianlah informasi mengenai PTN yang Ada Jurusan S1 Analis Kesehatan. Mudah-mudahan artikel ini menjadi referensi bagi sobat yang ingin melanjutkan studinya di jurusan Analis Kesehatan.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial dan teman-teman kalian yang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa pantau terus informasi terbarunya.
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

Posting Komentar untuk "10+ PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang Ada Jurusan S1 Analis Kesehatan Terbaik"