Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10+ Peluang Kerja Jurusan Peternakan yang Jarang Diketahui dan Menjanjikan

Sijenius.Com – Banyak orang yang masih menganggap remeh jurusan ilmu peternakan yang tidak memiliki peluang kerja kantoran. Siapa bilang?, padahal lulusan jurusan ilmu peternakan bisa bekerja sebagai wirausaha dengan omset yang dihasilkan puluhan hingga ratusan juta perbulannya. 

10+ Peluang Kerja Jurusan Peternakan yang Jarang Diketahui dan Menjanjikan
Peluang Kerja Jurusan Peternakan

Memang benar di Indonesia jurusan ini dapat dibilang belum terlalu terkenal. Namun, bukankan ini malah menjadi sebuah pertanda yang amat bagus, karena prospek kerja di dalam bidang peternakan akan semakin berkembang kedepannya. Nah, penasaran?, yuk cari tahu apa saja peluang kerja yang bisa menjadi referensi untuk lulusan jurusan peternakan.

10 Peluang Kerja Jurusan Peternakan

1. Bekerja di Perusahan Peternakan

Di Indonesia perusahaan ternak memang sudah banyak sekali. Dan semua perusahaan yang ada di dalam negeri sama-sama menginginkan produksi hewan ternak mereka dapat dipasarkan di dalam dan luar negeri.

Setiap perusahaan tentunya dituntut untuk menyediakan hewan ternak yang berkualitas dengan hasil yang memuaskan, sehingga konsumen pun tidak merasa khawatir untuk mengambil hasil produk mereka. Dalam hal ini, lulusan dari jurusan ilmu peternakan dapat bekerja sebagai manajerial ataupun di bagian operasional, yang bertugas untuk mengecek dan mengolah data dari hewan ternak tersebut.

Tergantung posisi kerja atau jabatan di perusahaan ternak, gaji yang akan diterima pun disesuaikan dengan kinerjanya. Misalnya sobat bekerja sebagai staf manajer perusahaan, gaji yang akan sobat terima berkisar 7-9 jutaan rupiah per bulannya. Dan semua itu kembali kepada kebijakan masing-masing perusahaan.

2. Bekerja di Perusahaan Pakan Ternak

Selain dapat bekerja di perusahaan peternakan, lulusan dari jurusan ilmu peternakan juga dapat bekerja di perusahaan pakan ternak. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hewan-hewan ternak tersebut merupakan hewan ternak berkualitas baik.

Seorang lulusan jurusan ilmu peternakan dapat bekerja di bidang ini karena masih mencakup sebuah kompetensi yang telah dimiliki oleh sebuah perusahaan tersebut. Sehingga tidak heran jika banyak yang memilih untuk bekerja di perusahaan ini.

Sebagai karyawan di perusahaan swasta, gaji yang akan didapatkan pun bervariasi tergantung kebijakan perusahaan dan kinerja. Gaji yang akan diberikan bisa saja standar UMR daerah atau malah lebih tinggi sesuai dengan perjanjian kontrak kerja sobat dengan perusahaan.

3. Bekerja di Perusahaan Obat Hewan

Seorang lulusan jurusan ilmu peternakan juga dapat bekerja di perusahaan obat hewan, karena obat ternak ini dapat dijadikan sebagai pendorong dari tumbuh kembangnya hewan ternak tersebut. Dengan demikian akan mengasilkan hewan dengan kualitas yang bagus.

Perusahaan obat hewan merupakan perusahaan yang dapat dijadikan sebagai acuan tempat bekerja untuk jurusan ini. dalam hal gaji yang akan didapatkan pun bisa dibilang cukup menjanjikan, tergantung kinerja dan kebijakan dari perusahaan. Sehingga banyak orang yang ingin bekerja di perusahaan ini.

4. Bekerja di Instansi Pemerintahan

Instansi pemerintahan memang sudah menjadi tempat favorit bagi pencari pekerjaan. Tidak terkecuali untuk jurusan ilmu peternakan ini. Lulusan dari jurusan ini juga dapat bekerja di instasi pemerintahan, dengan prospek kerja yang akan didapatkan juga sangat baik.

Lulusan jurusan ini dapat bekerja di instansi pemerintahan antara lain, Kementerian Koperasi, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, dan lain-lain. Gaji yang akan didapatkan pun tergantung golongan yang mencapai angka jutaan rupiah, itu belum termasuk tunjangan, THR, komisi, dan lain-lain.

5. Sebagai Dosen atau Tenaga Pengajar

Jika sobat punya kemampuan dalam mengajar, memilih menjadi dosen atau tenaga pengajar menjadi pilihan yang tepat. Kalian dapat melanjutkan pendidikan hingga S2, karena peluang karir sebagai dosen dan tenaga pengajar cukup menjanjikan. Gaji yang diperoleh seorang dosen mencapai angka jutaan rupiah termasuk tunjuangan, THR, dan lain-lain.

6. Bekerja di Industri Pengolahan Limbah

Sebagai lulusan dari jurusan ilmu peternakan, sobat juga dapat bekerja di industri pengolahan limbah, dengan memanfaatkan ilmu dan wawasan yang sobat miliki. Gaji yang akan sobat dapatkan tergantung dengan kinerja dan kebijakan perusahaan, biasanya gaji yang dberikan sesuai UMR.

7. Bekerja Sebagai Wirausaha

Menjadi wirausaha dan membuka lapangan kerja baru juga menjadi pilihan yang tepat. Jika sobat memiliki kemampuan memilih bekerja sebagai wirausaha malah akan menjadi peluang kerja yang lebih menjanjikan dibandingkan peluang kerja lain. Karena wirausaha merupakan prospek kerja peternakan yang paling didambakan oleh lulusan universitas atau politeknik.

Sobat dapat mengembangkan ilmu dengan membuka lapangan kerja baru dengan omset yang dihasilkan mencapai angka jutaan hingga ratusan juta rupiah per bulannya. Gimana, sangat menjanjikan bukan?.

8. Bekerja Di Bagian Perbankan

Seorang lulusan ilmu peternakan juga bisa bekerja di bagian perbankan. Karena pihak bank bisa saja merekrut tenaga kerja yang mengusai sektor peternakan supaya perputaran uang di bank manjadi lebih maksimal. Gaji yang ditawakan di bagian ini dapat melebihi standar UMR daerah kalian.

9. Bekerja Sebagai Peneliti

Dengan banyaknya ilmu yang sudah sobat peroleh di bangku perkuliahan, sobat dapat mengimplementasikannya dalam bentuk penelitian atau membuat inovasi baru. Mungkin saja sobat dapat menerbitkan jurnal ilmiah dalam ilmu peternakan, yang akan sangat berguna untuk perkembangan ilmu peternakan kedepannya. Sebagai seorang peneliti, gaji rata-rata yang akan sobat peroleh sekitar 3.9-5.8 juta rupiah tergantung prospek kerja sobat kedepannya.

10. Sebagai Ahli Peternakan dan Pengembiakan Hewan

Profesi ini merupakan salah satu profesi bergengsi yang bisa sobat pilih setelah lulus dari pendidikan peternakan. Pekerjaan ini berkaitan dengan teknik inseminasi buatan dan peralatan yang digunakan. Gaji yang akan diperoleh seorang ahli peternakan dan pengembangbiakan hewan berkisar antara 3.8-5.5 juta rupiah per bulannya.

Demikianlah informasi mengenai 10 peluang kerja jurusan peternakan yang bisa menjadi referensi untuk sobat yang ingin melanjutkan studi di bidang peternakan atau yang baru lulus dari jurusan peternakan.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial dan teman-teman kalian yang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa pantau terus informasi terbarunya.
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

Posting Komentar untuk "10+ Peluang Kerja Jurusan Peternakan yang Jarang Diketahui dan Menjanjikan"