Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh, Syarat, dan Panduan Membuat Surat Keterangan Domisili

Sijenius.com - Bagi penduduk yang tinggal di suatu wilayah namun berasal dari luar daerah harus memiliki surat keterangan domisili (SKD) untuk berbagai keperluan, seperti urusan perbankan. Karena surat ini adalah salah satu syarat yang harus ada dalam berurusan dengan penbankan. 

Contoh, Syarat, dan Panduan Membuat Surat Keterangan Domisili
Surat Keterangan Domisili

Kondisi ini sering terjadi bagi masyarakat yang pindah ke kota, namun memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang berasal dari wilayah asalnya. Sehingga sebagai pendatang mereka harus memiliki surat keterangan domisili untuk berbagai keperluan.

Selain dalam urusan perbankan ada begitu banyak manfaat lain dari surat keterangan domisili. Nah, pada penasaran apa saja manfaat, syarat, dan cara membuat surat keterangan domisili. Ayo simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Surat Keterangan Domisili


Menurut Henry S. Siswoediros surat keterangan domisili adalah surat yang menjelaskan mengenai domisili seseorang atau alamat badan usaha yang didirikan. Hal ini dilakukan sebagai tanda pengenal atau alat identitas yang sah. Bisa dikeluarkan oleh Kepala Desa, RT/RW, dan Kecamatan setempat.

Walaupun tidak secara khusus dibahas dalam Undang-Undang, namun sejatinya hal ini tidak jauh berbeda dengan surat pindah. Yang mana sama-sama dibutuhkan untuk mengurus berkas administrasi yang lain. Contohnya seperti KTP atau KK.

Secara lengkap pengertian surat keterangan domisili adalah surat yang menandakan bahwa seseorang menempati suatu daerah tertentu. yang sudah melakukan pelaporan resmi kepada pejabat yang berwenang di daerah tersebut terkait keberadaannya. Biasanya surat ini, berfungsi apabila seseorang belum memiliki KTP.

Sekilas informasi, bahwa tiap-tiap daerah memiliki regulasi yang berbeda dalam pembuatannya. Semisalnya di daerah Jawa Tengah bisa dikeluarkan oleh kelurahan masing-masing.

Berbeda dengan Jakarta yang pelayanannya ada di BPTSP (Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Karena tiap daerah memiliki regulasi masing-masing. Jadi agar lebih jelas, tanyakan kepada pemerintah setempat ya bagaimana alur dan persyaratannya.

Syarat Membuat Surat Keterangan Domisili


Ada beberapa dokumen persyaratan yang diperlukan dalam membuat surat keterangan domisili, dokumen tersebut yaitu:
  • Pas foto 3×4 sebanyak satu lembar
  • Melampirkan KTP dan KK
  • Surat permohonan dokumen dan data di atas materai Rp 6.000
  • Surat pengantar dari RT dan RW setempat
  • Surat kuasa jika pengurusan diwakilkan dengan materai Rp 6.000

Manfaat Surat Keterangan Domisili


Ada banyak sekali manfaat dan kegunaan dari surat keterangan domisili yang harus sobat ketahui. Dengan demikian kedepannya sobat tidak malas lagi untuk mengurus surat ini. karena hal ini menyangkut kebaikan pribadi dan membantu administrasi negara agar tetap rapi. Berikut adalah manfaat surat keterangan domisili, diantaranya yaitu:

1. Pengurusan Lamaran Pekerjaan


Manfaat yang pertama yang harus sobat ketahui, surat ini bisa digunakan untuk mengurus lamaran pekerjaan. Karena biasanya, ada beberapa perusahaan yang menjadikan surat keterangan domisili sebagai persyaratan kepada para calon pekerjanya apabila tidak memiliki KTP.

2. Pendaftaran Sekolah


Manfaat kedua adalah untuk pendaftaran sekolah. Tujuannya untuk melengkapi data siswa didik. Baik yang akan disetorkan secara online maupun offline. Selain itu, hal ini diperlukan agar pemerintah juga bisa memetakan persebaran anak usia sekolah di Indonesia.

3. Pengurusan Beasiswa


Beasiswa adalah salah satu hal yang diidam-idamkan dan dibutuhkan oleh pelajar saat kini. Dimulai dari jenjang dasar hingga ke jenjang perguruan tinggi. Nah, diantara banyaknya syarat untuk mendapatkan beasiswa, salah satu syarat yang diperlukan adalah surat keterangan domisili. Hal ini digunakan untuk keperluan peninjauan langsung ke lokasi oleh pihak pemberi beasiswa. Contohnya seperti beasiswa bidikmisi.

4. Pengurusan Akta Lahir


Manfaat yang keempat adalah untuk pengurusan akta lahir. Jika sobat ingin mengurus akta kelahiran anak, maka surat ini sangat dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk memastikan kebenaran bahwa anak tersebut memang dilahirkan oleh pasangan yang diakui secara sah keberadaannya oleh negara.

5. Kepengurusan Dokumen Lainnya


Jika sobat memiliki usaha, dan ingin mendaftarkan SIUP, NPWP, daftar perusahaan atau perdagangan lainnya. Maka surat keterangan domisili ini sangat dibutuhkan. Hal ini bertujuan, agar pemerintah memastikan bahwa itu bukan perusahaan fiktif yang berpotensi untuk melakukan penipuan. Serta memudahkan untuk melakukan pengawasan barang yang beredar.

Cara Membuat Surat Keterangan Domisili


Alur atau proses yang diperlukan untuk membuat surat keterangan domisili bisa dibilng cukup mudah dibandingkan dengan pembuatan surat lainnya. Hanya sekedar informasi tambahan bahwasanya masa aktif surat ini yaitu enam bulan. Jika melebih dan sobat masih membutuhkannya maka sobat dapat mengurusnya kembali. Berikut ini simak penjelasan alur pembuatan surat keterangan domisili, yaitu:

1. Datang ke RT/RW Setempat


Hal pertama yang harus sobat lakukan ialah datang ke RT/RW untuk mendapatkan surat pengantar. Untuk formatnya sendiri, sudah tersedian dan mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia.

2. Datang ke Kelurahan Setempat


Setelah sobat mendapatkan surat pengantar dari RT/RW, langkah selanjutnya yang harus sobat ketahui adalah datang ke kelurahan dengan membawa dokumen lainnya, yaitu foto 3×4 sebanyak 3 lembar, fotokopi KTP atau KK dengan membawa aslinya, surat kuasa jika diwakilkan. Sobat juga harus mengajukan surat permohonan kepada petugas dengan menambah materai Rp 6000.

3. Verifikasi Berkas Oleh Petugas


Setelah langkah tadi, selanjutnya petugas akan melakukan verifikasi berkas yang sudah sobat berikan. Pada tahap ini, sobat harus menunggu, untuk jangka waktunya bisa cepat bisa juga lambat tergantung pengunjung keurahan yang datang pada saat itu.

4. Surat Keterangan Domisili Diterbitkan


Setelah selesai verifikasi berkas. Petugas akan menerbitan surat keterangan domisili yang sobat mintakan. Jangan lupa untuk memeriksa kembali sebelum meninggalkan kelurahan. Karen ajika terjadi kesalahan, sobat bisa langsung membenarkannya tanpa harus bolak balik.

5. Siap Digunakan Sesuai Keperluan


Setelah semua alur diatas sobat lalui, maka surat sudah dapat digunakan sesuai dengan keperluan. Baik itu untuk pengurusan izin tempat atau perihal lainnya.

Setelah melihat langkah-langkah tadi cukup mudah bukan cara membuatnya?, untuk jangka waktu pembuatan paling lama biasanya 1×24 jam. Namun umumnya tidak sampai 2 jam berkas sudah ditangan, asalkan persyaratan yang sobat ajukan lengkap dan benar.

Contoh Surat Keterangan Domisili


Untuk memudahkan sobat mengetahui bagaiman surat domisili tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh surat keterangan domisili yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan:

Contoh Surat Untuk Pembuatan KTP/KK


PEMERINTAH KOTA BLITAR
KECAMATAN MAJU JAYA
KELURAHAN SEJAHTERA
Jln. Brawijaya No 72 Telp: 788769
SURAT KETERANGAN DOMISILI
No. 999/SKD/IV/2019
Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Sejahtera Kecamatan Maju Jaya, menerangkan bahwa :
Nama : Ahmad
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Tempat/Tgl Lahir : Bandung/20/09/1992
Pekerjaan : Wiraswasta
Status Perkawinan : Menikah
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Kelurahan Sejahtera Kecamatan Maju Jaya
Nama tersebut adalah benar berdomisili di Kelurahan Sejahtera, Kecamatan Maju Jaya, Kota Blitar.
Demikianlah surat keterangan ini dibuat, untuk dipergunakan sebagai syarat membuat KTP dan Kartu Keluarga.
Blitar, 29 Agustus 2019.
Lurah Sejahtera,
Rahmat Aditya M.Si

Contoh Surat Untuk Izin Usaha


PEMERINTAH KOTA SURABAYA
KECAMATAN SUKARAME
KELURAHAN MAJU SEJAHTERA
Jln. Mawar No 54 Telp: 788769
SURAT KETERANGAN DOMISILI 
No. 999/SKD/IV/2019
Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Maju Sejahtera Kecamatan Sukarame, menerangkan bahwa :
Nama : Amrul
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 8 Desember 1992
Agama : Islam
Pekerjaan : Wiraswasta
Status Perkawinan : Menikah
Alamat : Jalan Mawar No 54 Kelurahan Maju Sejahtera Kecamatan Sukarame Kota Surabaya
Benar adanya yang pada saat ini membuka usaha sebagaimana di bawah ini :
Nama Usaha : CV Satu Untuk Semua
Jenis Usaha : Percetakan
Alamat Kantor Usaha : Jalan Mawar No 54 Kelurahan Maju Sejahtera Kecamatan Sukarame Kota Surabaya
Jumlah Pegawai : 15 orang
Demikian surat ini dibuat, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya
Surabaya , 20 Oktober 2019
Lurah Maju Sejahtera,
Drs. H. Mahmud M.Si

Nah, demikianlah informasi seputar contoh, syarat, dan cara membuat surat keterangan domisili. Semoga informasi ini bermanfaat dan memudahkan sobat dalam memahami cara membuat surat keterangan domisili. Selamat mencoba semoga berhasil.
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

Posting Komentar untuk "Contoh, Syarat, dan Panduan Membuat Surat Keterangan Domisili"