Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mana Kata yang Benar, Saleh, Shaleh, atau Sholeh?

Sijenius.com – Kata ini adalah kata yang sudah tidak asing lagi kita dengar bahkah kita sudah tau artinya. Namun, yang menjadi masalahnya adalah bagaimana penulisan yang benar dari kata tersebut, Saleh, Shaleh, atau Sholeh?. Hal ini membuat kita bingung karena pada dasarnya kita hanya mengetahui melalui pengucapannya saja, sedangkan penulisannya masih jarang yang tahu.

Mana Kata yang Benar, Saleh, Shaleh, atau Sholeh?
Saleh, Shaleh, atau Sholeh

Nah, sobat jenius, agar kalian tidak kebingungan dengan penggunaan dan penulisan yang benar dari kata ini. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas cara penulisan kata ini yang baik dan benar. Oleh karena itu, yuk simak penjelasan berikut ini

Mana Kata yang Benar, Saleh, Shaleh, atau Sholeh?

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) penulisan kata yang benar adalah “Saleh” bukan kata Shaleh, maupun Sholeh. Jadi jangan salah lagi dalam menulisanya karena penulisan baku dan tepat adalah “Saleh”.

Makna Kata Saleh Menurut KBBI

Mana Kata yang Benar, Saleh, Shaleh, atau Sholeh?
Saleh Menurut KBBI

Dalam KBBI kata “Saleh” diartikel sebagai berikut:
  • Taat dan sungguh-sungguh menjalankan ibadah
  • Suci dan beriman
Secara etimologis kata “Saleh” berasal dari bahasa Arab yaitu “Shalih” yang berarti terhindar dari keburukan atau kerusakan. Kata shalih juga sering disandingkan dengan kata “Amal” yang kemudian menjadi kata “Amal Shalih” yang berarti perbuatan yang bersifat tidak merusak.

Kata ini kemudian diserap kedalam Bahasa Indonesia dan bentuk bakunya disesuaikan dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan) sehingga menjadi kata “Saleh”.

Baca Juga: Pengertian Ejaan Dan Ejaan yang Berlaku Sekarang

Demikianlah informasi mengenai kata “saleh” yang bisa admin bagikan kepada sobat dimanapun kalian berada. Nah sobat, sekarang udah tahu kan mana penggunaan kata baku yang benar dan tepat, jangan salah lagi dalam penulisannya ya. Semoga informasi yang admin bagikan melalui blog ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa pantau terus informasi terbarunya.
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

Posting Komentar untuk "Mana Kata yang Benar, Saleh, Shaleh, atau Sholeh?"