Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Seni Musik, Karakteristik, Ruang Lingkup, Fungsi, dan Unsurnya

Sijenius.com – Siapa yang tidak kenal dengan musik?. Ia, suara bunyi yang mungkin hampir tiap harinya kita dengarkan. Keindahan nada-nada yang berkumpul menjadi satu irama. Musik merupakan cabang dari seni yang membahas dan menetapkan berbagai suara kedalam pola-pola yang dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia. Mau tau lebih jauh mengenai musik?. Mari simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Seni Musik, Karakteristik, Ruang Lingkup, Fungsi, dan Unsurnya
Seni Musik

Pengertian Seni Musik Secara Umum 


Istilah musik sendiri berasal dari kata “Muse”, yaitu sebutan untuk para dewi dalam mitologi Yunani Kuno, Muse bertanggung jawab tehadap perkembangan seni dan ilmu pengetahuan. Sedangkan dalam KBBI (Kamus Besar Bahas Indonesia) musik diartikan sebagai ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi suara yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan. Dengan demikian musik dapat didefinisikan sebagai seni mengorganisasi kumpulan nada-nada menjadi suatu bunyi yang memiliki arti. 

Baca Juga: Pengertian Seni Tari, Tujuan, Fungsi, Unsur, Macam Serta Nilai Keindahannya

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

 
Para pakar seni musik telah banyak mengemukakan pengertian tentang seni musik itu sendiri berdasarkan pemahaman mereka. Berikut ini beberapa pengertian seni musik menurut para pakarnya:

1. Rien (1999) 


Menurut Rien (1999) seni musik adalah sebuah hasil karya dalam bentuk lagu atau komposisi musik, yang dapat mengungkapkan pikiran dan perasaaan penciptanya melalui unsur-unsur musik, yaitu irama, harmoni, melodi, struktur lagu, bentuk dan ekspresi.

2. Jamalus (1991)

 
Menurut Jamalus (1991) seni musik adalah suatu karya seni bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi musik, yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik, yaitu irama, melodi, harmoni, bentuk, struktur lagu, dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

3. Sudarsono (1992) 


Menurut sudarsono (1992) seni musik adalah sebuah ungkapan keindahan yang dirasakan oleh manusia dalam bentuk suatu konsep pemikiran yang bulat, dengan wujud nada-nada atau bunyi-bunyi lainnya yang mengandung ritme dan harmoni serta mempunyai bentuk dalam ruang waktu yang dikenal oleh diri sendiri maupun manusia lain dalam lingkungan hidupnya, sehingga dapat di pahami dan dinikmati.

4. Soeharto (1992) 


Menurut Soeharto (1992) seni musik adalah pengungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berupa melodi, isama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa bentuk, sifat, dan warna bunyi.

5. Banoe (2003) 


Menurut Banoe (2003) musik adalah cabang seni yang membahas dan menetapkan berbagai suara kedalam pola-pola yang dapat dimengerti dan dipahami manusia.

6. Hardjana (2003) 


Menurut Hadjana (2003) musik adalah permainan waktu dengan mengadopsi bunyi sebagai materinya.

Karakteristik Seni Musik 


Berikut ini beberapa karakteristik seni musik:
  • Pendekatan belajar dengan seni: pendekatan yang menekankan pada proses perolehan dan pemahaman pengetahuan yang didapatkan dengan kegiatan seni musik.
  • Pendekatan belajar melalui seni: pendekatan yang menekankan pada pemahaman emosional yang akan tercermin ke dalam penanaman nilai-nilai atau sikap yang terbentuk melalui kegiatan berkesenian.
  • Pendekatan belajar tentang seni: pendekatan yang menekankan pada pembelajaran mengenai penguasaan materi seni musik yang tergambar pada unsur-unsurnya seperti irama, notasi, birama, melodi, tangga nada, bentuk (struktur lagu), ekspresi (tempo, dinamik, dan warna).

Ruang Lingkup Seni Musik 


Ruang lingkup seni musik mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal seperti dasar-dasar teknik bernyanyi, memainkan alat musik, dan apresiasi musik. Seni musik secara garis besar memiliki dua aspek yang saling berkaitan. Kedua aspek tersebut adalah unsur ekspresi dan unsur apresiasi. Berikut ini penjelasan keduanya:
  • Unsur ekspresi: meliputi cara penyampaian atau penampilan seni musik yang berdasarkan proses penguasaan materi seni musik yang dipelajari.
  • Unsur apresiasi: sikap untuk menghargai dan memahami karya musik yang ada.

Fungsi Seni Musik 


Seni musik berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi, keseriusan, dan kepekaan terhadap lingkungan. Untuk memainkan atau menyanyikan suatu musik yang indah memerlukan konsentrasi penuh, keseriusan, dan kepekaan rasa mereka terhadap tema lagu atau musik yang dimainkan. Sehingga pesan yang terkandung dalam lagu tersebut dapat tersampaikan kepada pendengarnya. Berikut ini fungsi seni musik sebagai sarana atau media ekspresi, komunikasi, bermain, pengembangan bakat dan kreativitas:

1. Seni Musik Sebagai Sarana/Media Ekspresi 


Ekspresi ialah ungkapan atau pernyataan seseorang. Perasaan yang dapat berupa rasa sedih, kecewa, gembira, risau, marah ataupun sesuai dengan keadan yang ia hadapi. Fungsi ini memungkinkan untuk mengeksplorasi ekpresi seseorang dalam memunculkan karya-karya baru.

2. Seni Musik Sebagai Media Komunikasi 


Ekpresi yang dieksplorasikan itu akan dikomunikasikan kepada orang lain. Yang berarti karya-karya seni musik yang diciptakan seseorang tersebut dikomunikasikan sehingga pesan yang terdapat dalam karya tersebut tersampaikan kepada orang lain

3. Seni Musik Sebagai Sarana Bermain 


Bermain merupakan dunia bagi anak-anak. Kegiatan yang rekreatif diperluka oleh anak-anak yang menyenangkan bagi pertumbuhan jiwanya. Bermain menjadi kegiatan penyeimbang dan penyelaras atas perkembangan individu anak secara fisik dan psikis.

4. Seni Sebagai Media Pengembangan Bakat 


Setiap orang memiliki pontensi di bidang seni yang luar biasa di dalam dirinya. Seni musik di tekankan untuk memberikan pemupukan yang terus menerus sehingga diperlukan upaya yang efektif untuk menumbuhkan bakat seseorang.

5. Seni Sebagai Media Kreativitas 


Kreatif adalah sifat yang dilekatkan pada diri seserang yang dikaitkan dengan kemampuan atau daya untuk menciptakan. Sifat kreativitas diperlukan untuk mengiringi tingkah laku manusia dalam rangka memenuhi kebutuhannya.

Unsur-Unsur Seni Musik


1. Irama 


Secara umum irama dikenal dengan ritme, yang mempunyaii arti panjang pendek dan tinggi rendahnya nada. Irama ialah unsur yang sangat penting dalam seni musik karena iramalah yang menentukan ketukan dalam musik.

2. Birama 


Birama merupakan pembagian kelompok ketuka dalam waktu. Tanda birama menunjukkan jumlah ketukan dalam birama dan not mana yang akan dihitung dan dianggap sebagai satu ketukan.

3. Melodi 


Melodi adalah suatu bentuk susunan nada tinggi ke rendah atau sebaliknya. Melodi juga berarti serangkaian nada dalam waktu. Unsur ini merupakan salah satu daya tarik dalam seni musik.

4. Harmoni 


Unsur selanjutnya ialah harmoni, unsur ini dapat diartikan sebagai kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda yang dibunyikan secara bersamaan, walaupun harmoni juga dapat terjadi bila nada-nada tersebut dibunyikan berurutan. Unsur harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang dibunyikan secara bersamaan biasanya disebut akord.

5. Tangga Nada

 
Tangga nada adalah unsur seni musik yang terdiri atas nada yang tersusun secara berjenjang, mulai dari nada dasar sampai pada nada tinggi yang merupakan unsur penting dalam pertunjukan musik. Unsur ini biasanya digunakan untuk mengatur para pemain musik dalam orkestra.

6. Tempo 


Tempo merupakan ukuran kecepatan birama dana sebuah lagu. Misalnya, semakin cepat sebuah lagu dimainkan maka tempo dalam birama juga akan semakin cepat dibawakan. Tempo dibagi menjadi beberapa unsur musik, seperti lento, largo, andate, allegro, adagio, moderato, presto, dan vivace.

7. Dinamika 


Dinamika merupakan suatu tand untuk memainkan nada yang berkaitan dengan volume, sehingga mengeluarkan suara yang nyaring dan juga merdu untuk di dengar. Unsur ini adalah unsur utama dalam mengungkapkan ekspresi musik yang emosional seperti, senang, sedih, dan lainnya.

8. Timbre 


Timbre atau disebut juga warna bunyi adalah kualitas dari bunyi musik. Contohnya alat musik drum memiliki timbre yang berbeda dengan alat musik gitar walaupun keduanya dimainkan dengan tangga nada yang sama. Hal ini dapat terjadi, dikarenakan setiap alat musik memiliki timbre yang berbeda-beda sehingga dapat mempengaruhi bunyi yang ditimbulkan alat musik tersebut. 

Baca Juga: Tari Merak Tarian Tradisional Berasal Dari Daerah Pasundan Jawa Barat

Uraian diatas merupakan penjelasan mengenai seni musik. Pastinya banyak dari kita yang menyukai musik, dan mungkin hampir tiap hari kita dengarkan untuk menghibur suasana hati, baik ketika belajar, olahraga, atau lainnya. Namun jarang dari kita yang mengetahui unsur-unsur yang dimiliki oleh musik itu sendiri. Semoga uraian diatas dapat membantu kalian memahami apa itu musik dan unsur-unsurnya. Semoga bermanfaat.
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor