Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Literatur, Tujuan, Manfaat, dan Jenis-Jenis Literatur

Sijenius.com – Kata literatur mungkin sudah tidak asing lagi di telinga sobat, terutama bagi sobat yang sering berhubungan dengan karya ilmiah yang membutuhkan banyak referensi.

Secara umum mungkin sobat tahu, kalo literatur merupakan sumber atau referensi yang dapat digunakan. Namun, tahukan sobat bahwa ada berbagai jenis literatur?, bukan hanya dari buku saja, namun ada begitu banyak media lain yang juga merupakan literatur.

Pengertian Literatur, Tujuan, Manfaat, dan Jenis-Jenis Literatur
Literatur

Lantas apa sebenarnya yang disebut literatur?. Nah, pada kesempatan kali ini admi ingin membahas mengenai literatur, tujuan, manfaat, dan jenisnya secara lengkap untuk memudahkan sobat memahaminya. Tanpa berlama-lama yuk simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Literatur

Istilah literatur secara harfiah diambil dari bahasa inggris “literature” yang berarti karya sastra atau kesusastraan dapat berupa drama, novel, ataupun puisi. Literatur juga diartikan sebagai acuan ataupun sumber yang digunakan dalam berbagai aktivitas lainnya.

Selain dua pengertian diatas literatur juga dapat diartikan sebagai rujukan yang digunakan untuk mendapatkan informasi tertentu. Literatur dapat berupa buku ataupun berbagai macam tulisan lainnya.

ALA Glossary of Library dan Information Science pada tahun 1983 mendefinisikan literatur sebagai bahan bacaan yang digunakan dalam berbagai macam aktivitas baik secara intelektual ataupun rekreasi.

Tujuan Literatur

Ada beberapa tujuan literatur, yaitu:
  • Membantu penggunanya untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.
  • Untuk melengkapi informasi atau informasi tambahan.
  • Memperkuat informasi yang dihasilkan dari analisis atau hipotesis.

Manfaat Literatur

Selain memiliki beberapa tujuan yang telah dijelaskan diatas, literatur juga memiliki beberapa manfaat dalam penggunaanya. Adapun manfaat literatur, diantaranya yaitu:
  • Memberikan informasi atau penjelasan dasar mengenai masalah yang ingin diketahui, untuk menghilangkan keraguan terhadap definisi masalah tertentu.
  • Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilah dalam menggunakan informasi dasar.
  • Mendukung kegiatan penelitian.
  • Membantu pustakawan dan pengguna lain dalam menemukan informasi.
  • Literatur dapat digunakan untuk mengetahu seluk beluk suatu negara atau tempat lain yang ada di dunia, bahkan tempat yang belum pernah dikunjungi.
  • Menambah kosakata, tidakhanya mengetahui suatu kata atau juga suatu istilah, namun dapat mengetahui informasi dasarnya, baik itu mengenai asal kata, penggunaan kata, padanan kata, lawan kata, pengucapan, sejarah, dll.

Jenis-Jenis Literatur

Pada dasarnya literatur dapat dibedakan menjadi beberapa kategori, yaitu literatur menurut penempatan koleksinya, literatur menurut tingkat analisisnya, dan literatur menurut sifatnya.

Menurut Penempatan Koleksinya

1. Koleksi Umum

Literatur koleksi umum adalah literatur yang terdiri dari segala jenis buku yang diperuntukkan untuk pembaca kalangan dewasa. Jenis literatur ini biasanya diletakkan di rak terbuka dan bebas agar dapat digunakan oleh siapa saja sebagai sumber bacaan. Contoh literatur yang termasuk koleksi umum yaitu buku populer yang membahas tentang budidaya tanaman, serial komik, novel, dll.

2. Koleksi Referensi

Literatur koleksi referensi adalah literatur yang terdiri dari kumpulan informasi yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan penggunanya. Biasanya literatur jenis ini berbentuk kamus, buku pedoman, dan juga ensiklopedia.

Menurut Tingkat Analisisnya

1. Literatur Primer

Literatur primer adalah literatur dari hasil penelitian, yang hasil dari penelitian tersebut belum pernah diterbitkan sebelumnya. Biasanya literatur primer berisi berbagai macam teori-teori ataupun gagasan baru dari berbagai macam disiplin ilmu.

2. Literatur Sekunder

Literatur sekunder adalah literatur yang dibuat dengan rujukan ataupun kutipan hasil yang terdapat di dalam literatur primer. Biasanya literatur jenis ini memuat teori-teori yang telah ditemukan sebelumnya dan cenderung tidak mengarah kepada temuan-temuan baru.

3. Literatur Tersier

Literatur tersier adalah literatur yang berisi berbagai informasi yang berupa petunjuk untuk mendapatkan literatur sekunder. Contoh dari literatur jenis ini yaitu direktori dari beberapa direktori, bibliografi dari beberapa bibliografi, dll.

Menurut Sifatnya

1. Dokumen Tekstual

Literatur dokumen tekstual adalah literatur yang memuat berbagai macam teks tertulis yang dapat digunakan oleh penggunanya.

2. Dokumen Nontekstual

Literatur nontesktual adalah literatur yang memuat informasi yang tertuang dalam bentuk selain teks seperti, foto, gambar, suara, dll.

3. Dokumen Campuran

Literatur dokumen campuran adalah literatur yang memuat gabungan dari literatur tekstual dan nontekstual. Literatur dokumen campuran biasanya dibuat setelah literatur dokumen tekstual dan nontekstual diterbitkan.

Demikianlah artikel mengenai literatur yang dapat admin bagikan. Mudah-mudahan artikel ini dapat memudahkan sobat dalam memahami makna literatur. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

Posting Komentar untuk "Pengertian Literatur, Tujuan, Manfaat, dan Jenis-Jenis Literatur"