Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Jujur dan Macam-Macam Sifat Jujur dalam Islam

Sijenius.comJujur adalah salah satu sifat manusia yang cukup sulit untuk diaplikasikan. Sifat ini dapat diterapkan oleh semua orang jika mereka memiliki keinginan untuk menerapkannya. Dan biasanya hanya orang-orang yang sudah terbiasa bersikap jujur yang mampu menerapkannya secara optimal.

Sifat jujur termasuk kedalam salah satu sifat baik yang harus dimiliki oleh seorang manusia. Orang dengan sifat jujur merupakan orang yang berbudi pekerti mulia dan pastinya merupakan orang beriman.
 
Pengertian Jujur dan Macam-Macam Sifat Jujur dalam Islam
Jujur

Meskipun jujur merupakan sifat dasar yang sudah ada pada diri seorang manusia semenjak dia lahir, akan tetapi pada kenyataanya masih banyak orang-orang yang belum memahami makna yang terkandung dalam kata jujur itu sendiri. Hal ini terbukti masih banyak orang-orang yang menggabungkan sifat jujur dengan sifat bohong yang pada akhirnya mendatangkan berbagai macam malapetaka bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Nah, untuk membantu sobat dalam memahami makna dari kata jujur, berikut ini adalah rangkuman dari pengertian kata jujur yang dapat sobat gunakan sebagai sumber referensi.

Pengertian Jujur


Jujur dari segi bahasa adalah mengakui, berkata, ataupun memberi suatu informasi yang sesuai dengan kejadian sebenarnya. Menurut KBBI Jujur/ju.jur/ merupakan sifat lurus hati, tidak berbohong, tidak curang, tulus dan ikhlas.

Jika diartikan secara lengkap, jujur adalah sikap seseorang yang bila dia dihadapkan dengan sesuatu atau kejadian tertentu dan ketika menceritakan kejadian tersebut tanpa adanya perubahan sedikitpun atau benar-benar sesuai dengan kejadian sebenarnya.

Sikap jujur adalah sikap apa yang keluar dari hati nurani setiap manusia dan bukan apa yang keluar dari hasil pemikiran yang melibatkan pikiran dan hawa nafsu. Jujur juga memiliki antonim (lawan kata) yaitu bohong, yang berarti berkata sesuatu yang tidak sesuai dengan kebenaran.

Pengertian Jujur Menurut Para Ahli


Selain berbicara jujur berdasarkan pengertian secara umum, jujur juga memiliki pengertian menurut para ahli, yaitu:

1. Mohammad Mustari


Jujur adalah sebuah perilaku yang didasari kepada usaha untuk menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, pekerjaan, dan tindakannya. Baik itu dengan tujuan untuk dirinya ataupun orang lain.

2. Nurul Zuriah


Jujur adalah suatu nilai dan prinsip yang harus ditanamkan di dalam diri seseorang sedari pendidikan dasar. Contohnya dalam melakukan koreksi hasil ujian bersama teman secara silang di kelas.

3. Dharma Kesuma dkk


Jujur adalah sebuah keputusan yang ada pada diri seseorang untuk mengungkapkan perasaannya, perkataan, serta perbuatannya. Berdasarkan kenyataan yang benar ada tanpa ada manipulasi dengan cara meniru maupun berbohong untuk memperoleh keuntungan bagi dirinya sendiri.

4. Wikipedia


Jujur atau kejujuran merupakan sikap yang merujuk kepada aspek moral, karakter, serta berkonotasi atribut positif dan juga berbudi luhur layaknya kejujuran, integritas, serta keterusterangan. Yang mana di dalamnya termasuk keterusterangan terhadap perilaku, dengan tidak adanya kebohongan, penipuan, dan lainnya.

Macam-Macam Sifat Jujur dalam Islam


Ada 5 (lima) macam sifat jujur yang dikenal dalam agama islam dan harus dimiliki oleh setiap penganutnya. Kelima macam sifat jujur tersebut yaitu:
  1. Shidq Al-Qalbi (jujur dalam berniat) yaitu sifat yang penerapannya terdapat pada niat seorang manusia.
  2. Shidq Al-Hadist (jujur saat berucap) yaitu sifat yang penerapannya terdapat pada perkataan yang diucapkan oleh seorang manusia.
  3. Shidq Al-Amal (jujur kala berbuat) yaitu sifat yang penerapannya terdapat pada aktivitas dan perbuatan seorang manusia.
  4. Shidq Al-Wa’d (jujur bila berjanji) yaitu sifat yang penerapannya terdapat pada janji yang diucapkan oleh seorang manusia.
  5. Shidq Al-Haal (jujur dalam kenyataan) yaitu sifat yang penerapannya terdapat pada kenyataan yang terjadi dalam hidup manusia.
Demikianlah artikel mengenai pengertian jujur yang dapat admin bagikan kepada sobat semua. Semoga artikel ini dapat membantu sobat dalam memahami makna dari kata jujur. Cukup sekian terima kasih, semoga bermanfaat.
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

Posting Komentar untuk "Pengertian Jujur dan Macam-Macam Sifat Jujur dalam Islam"