Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

16 Daftar Beasiswa Terbaru Program S1 Untuk Lulusan SMA/SMK Tahun 2021-2022

Sijenius.com – Beasiswa merupakan hal yang sangat dinanti-nanti bagi siapapun yang ingin melanjutkan studinya. Terlebih sobat yang baru lulus dari SLTA dan ingin melanjutkan program studi S1 ke perguruan tinggi. Tak usah khawatir, ada banyak sekali beasiswa yang tersedia baik dari pemerintah atau non pemerintah. 

16 Daftar Beasiswa Terbaru Program S1 Untuk Lulusan SMA/SMK Tahun 2021-2022
Info Beasiswa

Untuk itu admin ingin berbagi informasi 16 daftar beasiswa terbaru program S1 untuk lulusan SMA/SMK tahun 2021-2022. Nah, pada penasaran apa saja beasiswa tersebut?, yuk langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.

16 Daftar Beasiswa Terbaru Program S1


1. Beasiswa S1 Unggulan


Nama Beasiswa Unggulan sendiri tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita dengar. Beasiswa Unggulan merupakan beasiswa yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diberikan kepada berbagai kalangan, diantaranya pelajar, mahasiswa, guru, pegawai negeri/swasta, dan kalangan lainnya yang berprestasi serta memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Beasiswa ini menyediakan beasiswa dalam beberapa jenjang sekaligus, dan salah satunya adalah beasiswa S1 bagi lulusan SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas). Beasiswa ini biasanya mulai dibuka pada awal tahun. Bagi sobat yang ingin mengambil Beasiswa Unggulan untuk jenjang S1, kesempatan ini sangat terbuka lebar.

Untuk info lengkapnya silahkan sobat mengakses website resmi kemendikbud di alamat beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id

2. Beasiswa S1 KIP Kuliah


Program Beasiswa ini sebelumnya dinamai Bidikmisi dan merupakan salah satu beasiswa program S1 yang rutin ditawarkan tiap tahunnya. Beasiswa ini dikhususkan bagi lulusan SLTA dari keluarga kurang mampu yang berminat untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1/DIV/Profesi maupun D2/D3.

Penerima beasiswa KIP Kuliah setiap tahunnya tergolong cukup besar, sekitar 400 ribu mahasiswa dan tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, hingga kebutuhan pendidikan lainnya. Biasanya beasiswa ini akan dibuka pada awal ketika akan masuk tahun akademik perkuliahan baru.

Untuk info lengkapnya silahkan sobat mengakses website resmi Beasiswa KIP Kuliah di alamat kip-kuliah.kemendikbud.go.id

3. Beasiswa S1 BCA Finance


Beasiswa BCA Finance adalah salah satu program beasiswa S1 yang disediakan untuk mahasiswa di Indonesia. Beasiswa ini mempunyai kelebihan yaitu terbuka untuk seluruh mahasiswa PTN/PTS yang ada di Indonesia. Jika sobat sudah mulai memasuki semester II ke atas, beasiswa ini menjadi rekomendasi untuk di coba. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk bantuan biaya kuliah.

Untuk pendaftarannya, biasanya dibuka pada awal bulan September. Untuk info lengkapnya silahkan sobat mengakses website resmi Beasiswa BCA Finance di alamat www.bcafinance.co.id

4. Beasiswa Djarum Plus


Beasiswa Djarum Plus adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan baik itu di jenjang Diploma 4 maupun jenjang S1 di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) atau PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang telah bekerja sama dengan pihak Djarum Foundation.

Program Beasiswa Djarum Plus ini diberikan oleh Djarum Foundation dalam upaya untuk menunjang pendidikan di tanah air. Upaya ini telah dijalankan oleh Djarum Foundation sejak 1984 dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Beasiswa Djarum Plus menggandeng sejumlah Universitas di Indonesia sebagai mitranya. Jadi, sobat harus melihat terlebih dahulu apakah PTN atau PTS kalian termasuk di dalamnya. Nah, biasanya beasiswa ini dibuka pada awal bulan April. Untuk info lengkapnya silahkan sobat mengakses website resmi Beasiswa Djarum Plus di alamat djarumbeasiswaplus.org

5. Beasiswa KSE


Beasiswa Karya Salemba Empat atau disingkat dengan KSE adalah program beasiswa khusus yang diberikan dan diprioritaskan kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Beasiswa ini menerima mahasiswa S1 minimal semester II di sejumlah PTN di Indonesia.

Penerima beasiswa KSE akan memperoleh tunjangan beasiswa sebesar Rp 750.000 perbulan untuk biaya hidup, serta berbagai program pembinaan. Biasanya beasiswa KSE dibuka pada awal bulan April melalui seleksi online dan wawancara. Untuk info lengkapnya silahkan sobat mengakses website resmi Beasiswa KSE di alamat www.beasiswa.or.id

6. Beasiswa PPA/BPP PPA


Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan BPP-PPA (Bantuan Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik) disediakan oleh pemerintah melalui Kemenristekdikti. Beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa yang sedang menjalani kuliah diploma maupun sarjana di PTN atau PTS di tanah air.

Penerima Beasiswa ini akan memperoleh tunjangan beasiswa Rp 400.000 per bulan yang diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan pertama kali sekurang-kurangnya selama 6 bulan. Untuk info lengkapnya sobat akan memperolehnya di kampus masing-masing, biasanya pendaftaran akan dibuka pada awal tahun akademik baru.

7. Beasiswa S1 CSR Pembangunan Jaya


Melalui Beasiswa CSR Pembangunan Jaya, Yayasan Marga Pembangunan Jaya membuka kesempatan beasiswa S1 bagi mahasiswa aktif di PTN/PTS yang ada di tanah air. Beasiswa CSR Pembangunan Jaya dapat diikuti oleh mahasiswa dari 15 universitas yang menjadi mitra dari Yayasan Marga Pembangunan jaya maupun mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lainnya yang minimal terakreditasi B. Biasanya pendaftaran untuk beasiswa CSR Pembangunan Jaya dibuka pada awal tahun akademik baru.

Untuk info lengkapnya silahkan sobat menghubungi email resmi Beasiswa CSR Pembangunan Jaya di alamat beasiswa@pembangunanjaya.com

8. Beasiswa Etos ID


Beasiswa Etos ID ditujukan kepada pelajar lulusan SMA/SMK/Sederajat yang akan masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan UM jalur regular. Selain memperoleh tunjangan pendidikan selama 4 tahun (8 semester), beasiswa yang dikelola oleh Dompet Dhuafa ini juga memberikan uang saku, asrama mahasiswa selama 3 tahun, pembinaan selama 4 tahun, serta bantuan biaya penelitian skripsi. Fasilitas lainnya juga mencakup support prestasi dalam dan luar negeri, serta pembuatan paspor. Untuk info lengkapnya silahkan sobat mengakses website resmi Beasiswa Etos ID di alamat www.etos-id.net

9. Beasiswa S1 Jardine


Program Beasiswa Jardine merupakan salah satu dari banyaknya beasiswa yang ditawarkan untuk sobat yang ingin melanjutkan studi S1nya ke University of Oxford dan University of Cambridge. Program beasiswa ini ditawarkan oleh Jardine Fondation untuk calon-calon pemimpin masa depan (future leader) dari negara-negara Asia.

Selain tunjangan biaya kuliah penuh program S1, penerima beasiswa ini juga berhak mendapatkan tunjangan tahunan untuk menutupi biaya makan, penginapan, serta semua biaya insidentil lainnya. Uang saku diberikan empat kali dalam setahun, dan ada juga dana untuk biaya tambahan kesehatan imigrasi inggris (UK Immigration Health Surcharge). Biasanya pendaftaran untuk Beasiswa Jardine dibuka pada bulan September hingga Oktober.

Untuk info lengkapnya silahkan sobat mengakses website resmi Beasiswa Jardine di alamat www.jardine-foundation.org

10. Beasiswa S1 Monbukagakusho


Beasiswa untuk melanjutkan studi ke Jepang belakangan ini memang sangatlah diminati. Beasiswa Monbukagakusho dari Pemerintah Jepang memiliki peminat yang sangat tinggi. Dalam beberapa tahun ini Beasiswa Monbukagakusho rutin ditawarkan, beasiswa ini ditujukan bagi lulusan SLTA yang ingin melanjutkan studi ke jenjang diploma (D2,D3) dan S1 di universitas-universitas Jepang.

Beasiswa Monbukagakusho menyediakan pendanaan penuh untuk studi di jepang, dan biasanya pendaftaran beasiswa ini akan kembali dibuka sekitar bulan Juni – Juli setiap tahunnya. Untuk info lengkapnya silahkan sobat mengakses website resmi Beasiswa Monbukagakusho di alamat www.id.emb-japan.go.jp

11. Beasiswa Mizan


Beasiswa Mizan adalah beasiswa program S1 yang juga sering ditawarkan. Beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa yang sedang menyelesaikan studi akhir, yaitu skripsi maupun desertasi bertemakan studi keislaman yang ditinjau dari berbagai aspek, seperti ajaran, sejarah, teks filsafat, politik, ekonomi, budaya, sains, teknologi, dll. Bagi penerima beasiswa terpilih akan memperoleh tunjangan berupa bantuan dana penelitian dari Mizan.

Hal yang menarik dari beasiswa ini adalah karya tulis tersebut berkesempatan untuk diterbitkan. Bukan hanya itu, tugas akhir yang dikirimkan akan dinilai langsung oleh penerbit dan dewan juri. Beasiswa ini biasanya dibuka pada awal bulan Maret. Untuk info lengkapnya silahkan sobat mengakses website resmi Beasiswa Mizan di alamat www.mizan.com

12. Beasiswa S1 OTS


Orange Tulip Scholarship (OTS) merupakan beasiswa yang dikhususkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berminat untuk melanjutkan studinya ke universitas-universitas di Belanda. Selain menyediakan beasiswa pascasarjana, program beasiswa ini juga menyediakan beasiswa untuk jenjang S1 bagi lulusan SLTA di Indonesia.

Beasiswa OTS sendiri memiliki banyak dukungan, diantaranya adalah institusi pendidikan tinggi Belanda, perusahaan Belanda, dan Pemerintah Indonesia yang tergabung sebagai sponsor. Beasiswa ini biasanya dibuka pada bulan September hingga Mei. Untuk info lengkapnya silahkan sobat mengakses website resmi Beasiswa OTS di alamat www.nesoindonesia.or.id

13. Beasiswa S1 Pemerintah Brunei


Pemerintah Brunei Darussalam menyediakan beasiswa S1 bagi pelajar internasional. Beasiswa tersebut meliputi beasiswa D3, S1, S2, dan S3. Semua beasiswa ini memberikan tunjangan penuh bagi penerimanya dan dapat dipergunakan untuk studi di beberapa universitas terbaik di Brunei.

Untuk beasiswa S1 sendiri dapat diambil di beberapa universitas ternama di Brunei, diantaranya UBD (Universiti Brunei Darussalam), UNISSA (Universiti Islam Sultan Sharif Ali), dan ITB (Institut Teknologi Brunei). Biasanya beasiswa ini dibuka pada awal bulan November.

Untuk info lengkapnya silahkan sobat menghubungi email resmi Beasiswa Pemerintah Brunei di alamat scholarship@mfa.gov.bn

14. Beasiswa Sarjana Sea


Beasiswa Sarjana Sea merupakan beasiswa yang diberikan untuk memberdayakan para generasi muda melalui edukasi, dan hal ini merupakan wujud komitmen Sea dengan memberikan timbal balik kepada komunitas. Kesempatan terbuka lebar bagi kandidat-kandidat terbaik untuk mendapatkan beasiswa full jenjang S1 mulai dari semester 1 sampai 8.

Pada periode kali ini Beasiswa Sarjana Sea tidak hanya tersedia bagi mahasiswa baru namun juga disediakan untuk mahasiswa lama atau yang sudah berada di tahun terakhir studinya. Untuk info lengkapnya silahkan sobat mengakses website resmi Beasiswa Sarjana Sea di alamat idscholarships.seagroup.com

15. Beasiswa S1 Tanoto Foundation


Program Beasiswa Tanoto Foundation cukup rutin ditawarkan. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa yang baru menempuh semester pertama studi S1 di sejumlah perguruan tinggi yang menjadi mitra dari Tanoto Foundation. Beasiswa tersebut diberikan bagi mereka yang berprestasi serta memiliki potensi kepemimpinan yang cakap, unggul, dan bertangung jawab tentunya.

Disini sobat harus tau!, bahwasanya pelamar yang melamar beasiswa ini memang harus dari perguruan tinggi yang bermitra dengan Tanoto Foundation. Biasanya beasiswa ini dibuka sekitar bulan Agustus hingga September, dan biasiswa yang disediakan berupa biaya kuliah dan tunjangan biaya hidup.

Untuk info lengkapnya silahkan sobat mengakses website resmi Beasiswa Tanoto Foundation di alamat www.tanotofoundation.org

16. Beasiswa S1 YVDMI


Beasiswa ini sebelumnya bernama Van Deventer-Maas Stichting (VDMS), yang kemudian diganti menjadi Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia (YVDMI). Beasiswa YVDMI rutin ditawarkan kepada mahasiswa dengan studi D3 dan S1 dari perguruan tinggi yang bermitra dengan VDMS maupun perguruan tinggi lainnya. Ada sekitar 36 perguruan tinggi yang menjadi mitra dari VDMS, seperti UGM, IPB, ITB, UNPAD, UNAIR, dll.

Beasiswa ini memberikan tunjangan penuh untuk penerimanya hingga akhir masa studi sesuai standar pendidikan, terkecuali penerima tidak mampu mempertahankan prestasinya yaitu IPK kurang dari 3.00 sehingga dapat mengakibatkan beasiswanya dihentikan. Bagi penerima beasiswa, tunjangan pendidikan akan dibayarkan setiap bulan ke rekening pribadi, mendapatkan satu kali Bonus TOEFL, Bonus Lulus Tepat Waktu, dan mendapatkan pelatihan pengembangan kapasitas pribadi (Capacity Building).

Biasanya pendaftaran beasiswa ini dibuka pada bulan Februari hingga maret. Untuk info lengkapnya silahkan sobat menghubungi email resmi Beasiswa YVDMI di alamat info@vandeventermaas.or.id

Nah, gimana sobat?, banyak bukan beasiswa yang dapat sobat ikuti untuk melanjutkan studi S1 di universitas yang ada di dalam negeri maupun luar negeri. Jadi jangan patah semangat, banyak jalan untuk mendapatkan beasiswa dan yang terpenting pantau terus informasi seputar beasiswa agar sobat mendapatkan informasi terupdatenya. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Good Luck👍
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

Posting Komentar untuk "16 Daftar Beasiswa Terbaru Program S1 Untuk Lulusan SMA/SMK Tahun 2021-2022"