Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Trik Sederhana Untuk Kamu yang Belajar Hidup Hemat

10 Trik Sederhana Untuk Kamu yang Belajar Hidup Hemat
10 Trik Sederhana Untuk Hidup Hemat

Sijenius.com – Setiap orang tentunya memiliki keinginan untuk membeli sesuatu yang mereka inginkan, apalagi kalo kita ditawarkan dengan barang dan harga yang menggiurkan. Namun bukan berarti kita harus selalu memenuhi keinginan tersebut. Pastinya kita harus berfikir untuk hidup hemat agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, berhemat untuk keperluan masa depan, atau banyak hal lainnya. 

Terus apa yang harus kita lakukan supaya kita bisa hidup hemat?. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membantu kita agar lebih hemat. Disini kita akan membahas trik sederhana namun memiliki efek yang besar bagi yang baru belajar berhemat, seru bukan!. Nah tanpa banyak basa basi, ayo langsung saja kita simak 10 trik sederhana untuk berhemat berikut ini:

10 Trik Sederhana Untuk Hidup Hemat


1. Gunakan Aturan 10 Detik


Trik yang pertama adalah menggunakan aturan 10 detik, seperti namanya disini kita akan main hitung-hitungan, hehehe.

Gimana cara mengunakannya?. 

Nah, ketika sobat semua menginginkan sesuatu untuk dibeli, jangan langsung membelinya!. Tahan selama 10 detik, lalu tanyakan pada diri sobat apakah sobat benar-benar membutuhkan sesuatu itu?. Trik ini sangat efektif agar kita dapat berfikir terlebih dahulu sebelum membeli.

2. Test Orang Asing (Stranger Test)


Yah, kok test orang asing sih, gak nyambung banget sama pembahasannya. Upss tunggu dulu!, kan belum di jelasin, hehehe.

Orang asing disini digunakan sebagai perumpamaan yang akan kita gunakan dalam berimajinasi. 

Coba bayangkan bawah didepan kalian ada orang asing yang mencoba menawarkan barang yang kalian inginkan dan uang. Apa yang akan kalian pilih?, jika kalian memilih uang, berarti kalian tidak membutuhkan barang tersebut. Begitu juga sebaliknya kalo kalian memilih barang tersebut berarti kalian membutuhkannya.

3. Coba Mengatur Pembelian


Tidak mampu mengatur pembelian adalah salah satu dari banyaknya faktor kenapa kita tidak mampu hidup hemat. Dengan cara kita mencoba mengatur pembelian sesuai dengan kebutuhan kita maka akan memudahkan kita dalam menjalani kehidupan yang lebih hemat. Lantas gimana cara mudah untuk mengatur pembelian?

Ketika kalian ragu-ragu untuk membeli sebuah barang, jangan buru-buru menentukannya!. Pertimbangkan terlebih dahulu tingkat kebutuhan terhadap barang itu serta lihat positif dan negatifnya ketika kalian membelinya. Atau jika memungkinkan cari harga yang lebih murah, hal itu dapat memudahkan kalian dalam mengatur pembelian.

4. Hanya Membawa Uang Tunai 


Loh kok hanya bawa uang tunai?, kan ribet, bla bla bla. Kan namanya juga belajar hemat pasti ada kosekuensinya juga, hehehe.

Berdasarkan hasil penelitian, orang yang menggunakan kartu kredit atau debit cenderung gagal dalam mengontrol pengeluaran mereka dibandingkan dengan orang yang lebih suka menggunakan uang tunai saja. 

Nah, kalo sobat perhatian bukankah jelas, karena dengan membawa uang tunai kita sudah membatasi pengeluaran yang kita lakukan tiap harinya, atau setiap kali kita berbelanja. Berbeda dengan membawa kartu kredit atau debit yang lebih sulit untuk dikontrol karena uang didalamnya lebih besar. 

5. Bawalah Uang Kertas Baru


Pernah gak ketika kalian lagi berbelanja tiba-tiba pas liat isi dompet penuh dengan uang baru, dan kalian enggan untuk menggunakannya?.

Hasil penelitian menujukkan bahwa orang lebih sayang untuk mengeluarkan uang kertas barunya dibandingkan dengan uang kertas yang sudah kumal. Nah, cara ini bisa digunakan untuk belajar hidup hemat.

6. Letakkan Catatan di Kartu Kredit


Catatan sering kali digunakan untuk mengingatkan atau memotivasi kita dalam melakukan suatu hal, misalnya catatan singkat yang diletakkan di dalam buku, diletakkan di dinding dekat dengan meja belajar dan lainnya.

Metode ini juga dapat kita gunakan dalam berhemat, gimana caranya?.

Caranya sangatlah simpel, cukup bungkus kartu kredit kalian dengan stiker atau catatan berisi pesan yang bisa mengingatkan atau memotivasi kalian dalam berhemat. Metode ini bisa membuat kalian berfikir dua kali ketika berbelanja.

7. Convert Money To Hours (Ubah Uang ke Jam)


Seperti namanya metode ini meminta kita untuk mencoba mengubah uang menjadi jam, terus gimana caranya?.

Misalnya kalian menghasilkan uang Rp. 3,6 juta per bulan, berarti setiap jamnya kalian menghasilkan uang Rp. 5 ribu. Ketika kalian ingin membeli sesuatu, coba pikirkan hal tersebut. Apakah kalian akan tetap membeli barang yang harganya setara dengan 12 jam kalian bekerja?. 

8. Belanja Sendirian


Hal ini sering terjadi, ketika kalian belanja rame-rame tentunya barang yang kalian beli akan lebih banyak dibandingkan kalian belanja sendirian.

Berdasarkan hasil penelitian, semakin banyak orang yang kalian ajak untuk berbelanja, maka akan semakin banyak barang yang tak terduga yang akan kalian beli. Oleh karena itu, jomblo lebih baik, Eh…..maksudnya belanja sendiri lebih baik!, hehehe. 

9. Batasi Waktu dan Tempat Belanja


Waktu yang kita gunakan saat berbelanja menentukan seberapa besar pengeluaran yang kita keluarkan. Semakin banyak waktu yang kalian gunakan untuk berbelanja, tentunya akan semakin banyak pula uang yang kalian habiskan. 

Oleh karena itu, sebelum kalian pergi berbelanja, buatlah catatan daftar barang dan waktu untuk mengantisipasi pembelian, serta identifikasi toko mana saja yang akan kalian kunjungi.  

10. Gunakan Sistem Pajak


Yang namanya kalo denger pajak, pasti banyak ni uang yang dikeluarin. Tapi tenang!, disini sistem pajak kita gunakan untuk berhemat. Gimana caranya sistem pajak digunakan untuk berhemat?.

Kalian cukup hanya dengan membuat aturan, 10% dari penghasilan kalian harus dipotong untuk ditabung. Mudah bukan?, hasilnya nanti akan kalian rasakan sendiri!.

Baca Juga: 3 Kunci Utama Untuk Bisa Membaca Dengan Baik

Nah, itulah informasi singkat mengenai 10 tips sederhana untuk kamu yang belajar hidup hemat. Membiasakan hidup hemat akan memudahkan kita dimasa depan kelak, karena dengannya kita sudah belajar mengenal kebutuhan yang harus didahulukan, mengatur keuangan, dan masih banyak lagi. Semoga 10 tips ini dapat memudahkan sobat semua untuk belajar hidup hemat. Selamat mencoba!👍

Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor

2 komentar untuk "10 Trik Sederhana Untuk Kamu yang Belajar Hidup Hemat"