Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kenali 6 Faktor Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya


Sijenius.com - Halitosis adalah istilah umum yang sering digunakan untuk menggambarkan tanda nafas tidak sedap yang berasal baik dari rongga mulut maupun diluar rongga mulut. Meski tidak menjadi masalah medis yang berat, bau mulut merupakan kondisi yang sangat tidak mengenakkan, kondisi ini sering menyebabkan kita kehilangan rasa percaya diri dan enggan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Nah, pada penasarankan apa saja faktor yang dapat menyebabkan bau mulut?, mari simak penjelasan berikut ini.

6 Faktor Penyebab Bau Mulut

Kenali 6 Faktor Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

1. Mengonsumsi Beberapa Makanan

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak rempah-rempah seperti bawang putih, dan bawang merah, adalah salah satu faktor penyebab bau mulut dikarenakan makanan yang kita konsumsi langsung terpapar dengan mulut kita. Oleh karena itu, kita dapat mengatur banyaknya makanan tersebut yang kita konsumsi, jika sudah terlanjur banyak, maka kita dapat mengatasinya dengan mengemil permen atau dengan mengonsumsi air putih.

2. Lidah yang Tidak Dibersihkan

Mungkin banyak diantara kita yang masih malas untuk melakukan hal yang satu ini tidak membersihkan lidah adalah salah satu penyebab terjadinya bau mulut plak atau sisa makanan yang bertumpuk dilidah akan menyebabkan terjadinya bau mulut. Maka dari itu kebersihan lidah harus sangat diperhatikan dengan cara menyikat kali 2 sehari sekalian dengan menyikat gigi.

3. Infeksi Mulut

Salah satu penyebab terjadinya bau mulut adalah infeksi mulut yang terjadi akibat banyaknya bakteri jahat di dalam mulut. Ketika bakteri tersebut terurai, mulut akan melepaskan zat zulfur yang akan membuat mulut berbau tidak sedap. Kondisi terebut juga disebabkan oleh infeksi yang bernama pericoronitis yaitu peradangan jaringan lembut di sekitar gigi. Jika hal ini terjadi, maka sudah saatnya kalian menjaga kebersihan mulut dan periksa ke dokter.

4. Melakukan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok, malas sikat gigi, jarang membersihkan karang gigi, minum minuman beralkohol, dan makan besar adalah kebiasaan yang sudah sepatutnya kalian jauhi karena kebiasaan tersebutlah yang akan mengakibatkan terjadinya bau mulut.

5. Mengonsumsi Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menimbulkan bau mulut. Dikarenakan ada beberapa obat-obatan tertentu yang dapat merubah rasa dan bau. Obat-obatan tersebut dapat menimbulkan produksi saliva menjadi berkurang dan menyebabkan terjadinya bau mulut. Oleh karena itu, bagi kalian yang rutin mengonsumsi obat-obatan secara teratur di karenakan masalah kesehatan, efek samping yang kalian rasakan adalah bau mulut.

6. Perut Kosong

Perut yang tidak diisi oleh makan dalam rentan waktu yang lama juga merupakaan salah satu penyebab terjadinya bau mulut, dikarenakan perut yang kosong dalam waktu yang lama akan meningkatkan kadar asam lambung, membuatnya naik ke atas dan menyebab bau mulut. Selain hal itu, kurang makan juga kana membuat produksi saliva berkurang. Oleh karenanya mulut kering juga salah satu penyebab utama bau mulut.

Uraian diatas menjelaskan bahwasanya ada 6 penyebab bau mulut, dan mungkin masih banyak hal lainnya yang dapat mengakibatkan bau mulut. Mulut merupakan organ penting yang dalam kehidupan sehari-hari kita gunakan untuk berkomunikasi. Oleh karena itu menjaga kebersihan mulut dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut merupakan hal yang sangat penting. Karena dengan demikian, kita akan senantiasa selalu optimis untuk menjalani kehidupan sehari-hari.  Semoga bermanfaat.

Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor