Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Informasi Persyaratan dan Pendaftaran SBMPTN Tahun 2020

Sijenius.com – SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan seleksi yang sangat ditunggu-tunggu oleh para siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya. Pastinya membutuhkan persiapan yang matang untuk mengikuti seleksi tersebut.
 
Setelah selesai masa SNMPTN atau Seleksi Nilai Masuk Perguruan Tinggi Negeri, tahapan selanjutnya adalah SBMPTN. Tahapan seleksi ini dilakukan bagi para siswa yang tidak lulus seleksi sebelumnya. Mengetahui informasi lengkap terkait persyaratan dan pendaftaran SBMPTN merupakan hal yang sangat penting.

Informasi Persyaratan dan Pendaftaran SBMPTN Tahun 2020
SBMPTN

Kalian yang kemungkinan ingin mengikuti seleksi ini tentunya tidak ingin ketinggalan informasi selama masa seleksinya bukan?. Ketidaktahuan atau salah informasi akan berakibat fatal bagi kalian yang ingin mengikuti seleksi ini atau bahkan kalian tidak bisa mengikutinya. Setidaknya kalian tahu jadwal pendaftaran, tata cara pendaftaran, cara mendapatkan nilai UTBK, serta berbagai syarat dan ketentuannya.

Dengan adanya teknologi yang makin canggih dapat membantu kalian untuk memperoleh berbagai informasi terbaru dengan cepat dan lengkap. Bukan hanya situs web resmi dari SBMPTN saja yang membahasnya, akan tetapi banyak website lainnya yang ikut memberikan informasi terkait seleksi ini. Salah satunya adalah informasi di bawah ini yang dapat membantu kalian untuk mengetahui informasi seputar SBMPTN 2020. Ayuk simak penjelasannya.

Persyaratan Pendaftaran SBMPTN


  1. Berasal dari lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/Sederajat pada tahun 2018, 2019, atau yang masih duduk di kelas 12 pada tahun 2020.
  2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2018 dan 2019 sudah memiliki Ijazah, dan lulusan Paker C tahun 2018, 2019, dan 2020 juga harus memiliki Ijazah.
  3. Sedangkan untuk lulusan tahun 2020 harus melampirkan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang memuat jati diri dan disertakan dengan pasfoto berwarna serta dibubuhi cap/stempel yang sah.
  4. Memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran.
  5. Memiliki nilai UTBK yang merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Untuk informasi lengkapnya silahkan kunjungi situs LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.
  6. Membuat akun LTMPT sesuai dengan ketentuan yang tertera di situs web.
  7. Tidak lulus di jalur SNMPTN 2020 (bagi yang sudah lulus di jalur SNMPTN 2020 maka tidak diperkenankan untuk mendaftar).
  8. Mengunggah portofolio bagi yang mengambil jurusan di bidang olahraga dan seni.

Ketentuan Borang Portofolio 


Ada beberapa macam jenis dari Portofolio SBMPTN tahun 2020. Bagi yang memilih untuk mengikuti program studi olahraga dan seni wajib mengunggah portofolio tersebut. Berikut ini jenis-jenis portofolio:
  1. Potofolio Olahraga
  2. Potofolio Seni Rupa, Kriya, dan Desain
  3. Portofolio Tari (termasuk di dalamnya Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari)
  4. Portofolio Teater (termasuk di dalamnya Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama)
  5. Portofolio Musik (termasuk di dalamnya Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik)
  6. Portofolio Seni Karawitan
  7. Portofolio Etnomusikologi
  8. Portofolio Fotografi
  9. Portofolio Film dan Televisi
  10. Portofolio Seni Pedalangan

Jadwal Pendaftaran SBMPTN Tahun 2020


  1. Pendaftaran dimulai pada tanggal 02 Juni 202 s.d 13 Juni 2020
  2. Hasil SBMPTN akan diumumkan pada tanggal 30 Juni 2020

Tata Cara Pendaftaran SBMPTN Tahun 2020 


Alur Pendaftaran SBMPTN
  1. Registrasi akun di LTMPT terlebih dahulu untuk mengikuti UTBK dan SBMPTN pada tanggal 07 Februari s.d 05 April 2020.
  2. Mendaftarkan diri untuk mengikuti UTBK.
  3. Mengisi biodata lengkap (hal ini dikecualikan bagia peserta yang sudah terdaftar pada jalur SNMPTN 2020).
  4. Memilih Program Studi dan PTN (dalam hal ini kalian dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu atau dua PTN).
  5. Membuat dan mengunggah borang portofolio (bagi yang melamar di program studi olahraga dan seni). Untuk panduan downloadnya kalian dapat mengunjungi halaman web LTMPT.
  6. Mengunggah dokumen lainnya yang sesuai dengan persyaratan masuk SBMPTN 2020.
  7. Pengumuman.

Tujuan UTBK


  1. Untuk memprediksi calon mahasiswanya yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu.
  2. Memberikan kesempatan kepada para calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel, yaitu memilih lokasi dan waktu tes.

Tujuan SBMPTN


  1. Untuk menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu berdasarkan hasil UTBK sata atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.
  2. Memberikan kesempatan kepada para calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.
  3. Untuk membantu perguruan tinggi dalam memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi siswa lainnya.
Uraian diatas merupakan informasi persyaratan dan pendaftaran SBMPTN 2020. Persiapan yang baik akan membantu kalian dalam menyusun jadwal pembelajaran yang matang untuk menghadapi SBMPTN. Jika kalian siap secara fisik dan mental serta didukung dengan persiapan yang matang, pastinya hal itu akan memudahkan kalian untuk mencapai hasil yang baik.

Jika kalian ingin tahu lebih jauh seputar SBMPTN, kalian dapat mengunjungi halaman resmi situs web LTMPT SBMPTN 2020. Disanan kalian akan dibantu lebih detail terkait syarat, cara, dan ketentuan dalam proses SBMPTN. Pastikan kalian melengkapi semua informasi yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Muhammad Furqan
Muhammad Furqan Mahasiswa Keperawatan | Website Designer | Vidio Editor