Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Menulis Daftar Pustaka Yang Baik Dan Benar Beserta Contohnya

Cara Mudah Menulis Daftar Pustaka Yang Baik Dan Benar Beserta Contohnya – Dalam menulis sebuah karya ilmiah baik itu artikel, skripsi, makalah, jurnal, atau buku, pastinya kalian harus mencantumkan referensi yang kalian ambil sebagai bahan acuan atau penghargaan terhadap penulisnya.

Menulis Daftar Pustaka

Oleh karena itu, penulisan daftar pustaka merupakan hal yang sangat penting bagi setiap karya ilmiah yang dibuat, selain sebagai acuan dan penghargaan, penulisan ini juga penting untuk membuktikan keaslian suatu tulisan dengan mencantumkan sumber dari tulisan yang diambil. Sebelum kita membahas cara mudah menulis daftar pustaka, mari terlebih dahulu kita lihat pengertian dari daftar pustaka.

Pengertian Daftar Pustaka 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang sering disebut dengan KBBI daftar pustaka adalah sebuah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit, dan lainnya, dan ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau buku yang disusun berdasarkan abjad. 

Sedangkan menurut Keraf (1997), daftar kepustakaan adalah sebuah daftar yang berisi judul buku, artikel, dan bahan penerbitan lainnya, yang berhubungan dengan sebuah karangan yang telah di garap. Melalui daftar pustaka yang disertakan pada akhir tulisan, menjadikan para pembaca dapat melihat kembali pada sumber aslinya.

Daftar pustaka berfungsi untuk membantu pembaca mengenal ruang lingkup studi penulis, memberi informasi kepada pembaca untuk memperoleh pengetahuan yang lebih lengkap dan mendalam daripada kutipan yang digunakan oleh penulis. Daftar pustaka juga dapat membantu pembaca memilih referensi dan materi dasar untuk studinya.

Teknik Penulisan Daftar Pustaka


Dalam penulisan daftar pustaka memerlukan teknik khusus agar terciptanya keseragaman dan pemahaman yang jelas. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa hal mendasar. Berikut ini teknik penulisan daftar pustaka:
  • Baris pertama dimulai pada margin sebelah kiri, baris kedua dan selanjutnya dimulai dengan 3 ketukan kedalam.
  • Jarak antar baris adalah 1,5 spasi
  • Daftar pustaka diurut berdasarkan abjad huruf pertama nama keluarga penulis. Namun, cara mengurut daftar pustaka sangat bergantung pada bidang ilmu. Karena setiap bidang ilmu memiliki cara yang berbeda.
  • Jika penulis yang sama menulis beberapa karya ilmiah yang dikutip, maka nama penulis itu harus dicantumkan ulang.

Unsur-Unsur Daftar Pustaka


Berikut ini unsur-unsur yang harus dicantumkan di dalam daftar pustaka:

1. Pengarang/Penulis


Nama keluarga (last name) atau marga penulis diletakkan di depan diikuti tanda koma (,), kemudia diikuti dengan nama depannya. Gelar akademik penulis tidak perlu dicantumkan dalam daftar pustaka.

2. Judul


Judul buku dicetak miring (italic) dengan huruf pertama dari masing-masing kata ditulis dalam bentuk huruf kapital, kecuali kata depan (di,ke,dari,dan,dalam,on,of,in,the,and) sedangkan lainnya ditulis dengan huruf kecil.

3. Data Penerbitan


Yang termasuk data penerbitan antar lain : tempat terbit, penerbit, dan tahun terbit. Jika seluruh data penerbitan atau salah satunya tidak diketahui, maka dapat digunakan istilah atau singkatan sebagai berikut:
  • [t.d.] atau [n.d.] : tanpa data penerbitan;
  • [t.t.] atau [s.l.] : tanpa tempat terbit;
  • [t.p.] atau [s.n.] : tanpa penerbit;
  • [t.th.] atau [s.a.] : tanpa tahun terbit.

Cara Mudah Menulis Daftar Pustaka


Untuk menulis sebuah daftar pustaka dengan baik, kalian harus terlebih dahulu mengingat format dari tiap literatur yang ingin kalian tuliskan, dikarenkan tiap jenis literatur memiliki gaya penulisannya masing-masing, sehingga dengan kalian mengingat format penulisannya akan memudahkan kalian dalam menuliskan daftar pustaka. Berikut ini format penulisan APA Style (American Psychological Assosiation).

1. Pustaka Dalam Bentuk Buku


Apabila nama penulis lebih dari satu kata, maka kata yang terakhir diletakkan di depan, diikuti tanda koma (,) dan diikuti nama depannya yang di singkat dengan huruf awal.

a. Satu Orang Penulis


Format APA: 
Nama penulis. (Tahun). Judul buku (harus ditulis miring). Kota terbit: Penerbit. 
Contohnya:
  • Maryunani, A. (2013). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Jakarta: Trans Info Media.
  • Putra, C. S. (2016). Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Bogor: In Media.

b. Dua Sampai Dengan Enam Orang Penulis


Apabila nama penulis dua sd enam orang, maka sebelum nama yang terakhir ditambahkan (dan atau &) tergantung bahasa yang digunakan.

Format APA:
Nama penulis 1,2, & 3. (Tahun). Judul buku (harus ditulis miring). Kota terbit: Penerbit.
Contohnya:
  • Cargill, O., Charvat, W., & Walsh, D. L. (1966). The Publication of Academic Writing. New York: Modern Language Assosiation.
  • Soemirat, S., & Ardianto, E. (2016). Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: Rosda Karya.

c. Lebih Dari Enam Penulis


Apabila nama penulis lebih dari enam, maka nama yang di cantumkan hanya sampai enam penulis, lalu di tambahkan (dkk atau et al) tergantung jenis bahasa yang digunakan.

Format APA:
Nama penulis 1,2,3,4,5,&6, et al. (Tahun). Judul buku. Kota terbit: Penerbit.
Contohnya:
  • Eagle, K., Howe, L., Reims, H., Robertson, A., Taylor, D., Cooper, L., et al. (1982).Bagaimana Agar Tetap Muda Saat Bertambah Tua: Penuaan Untuk Segala Usia. London: Macmillan.

2. Pustaka Dalam Bentuk Buku Online


a. Seluruh Buku Elektronik Diambil Dari Database


Format APA:
Nama penulis. (Tahun). Judul buku (harus ditulis miring). Kota terbit: Diperoleh dari.
Contohnya:
  • Murray, T. H. (1996). The worth of a child. Berkeley: University of California Press. Retrieved from netLibrary database.

b. Seluruh Buku Elektronik Dengan Tautan Langsung ke Item


Format APA:
Nama penulis. (Tahun). Judul buku (harus ditulis miring). Diperoleh dari.
Contohnya:
  • Bryant, P. (1999). Biodiversity and Conservation. Retrieved from http://darwin.bio.uci.edu/~sustain/bio65/Titlpage.html

3. Pustaka Dalam Bentuk Artikel Jurnal


Sama halnya seperti buku, di jurnal apabila nama penulis lebih dari satu kata, maka kata yang terakhir diletakkan di depan, diikuti tanda koma (,) dan diikuti nama depannya yang di singkat dengan huruf awal.

a. Artikel Jurnal


Format APA:
Nama penulis. (Tahun). Judul jurnal. Penerbit (harus ditulis miring), Volume (Nomor), Halaman.
Contohnya:
  • Sawyer, J. (1966). Measurement and prediction, clinical and statistical. Psychological Bulletin, 66 (3), 178-200.
  • Abdullah. (2018). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Depresi Lansia Di PSTW Budi Sejahtera Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2017. Jurnal Elektronik, 8 (2), 96-98.

b. Artikel Jurnal Dengan Tiga Hingga Enam Penulis


Format APA:
Nama penulis 1,2,3,4,5,&6. (Tahun). Judul jurnal. Penerbit (harus ditulis miring), Volume (Nomor), Halaman.
Contohnya:
  • Dewi, R., Rezkiki, F., & Lazdia, W. (2019). Studi Fenomenology Pelaksanaan Handover Dengan Komunikasi SBAR. Jurnal Endurance : Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 4(2), 350-358.
  • Tolin, D. F., Abramowitz, J. S., Brigidi, B. D., Amir, N., Street, G. P., & Foa, E. B. (2001). Memory and memory confidence in obsessive-compulsive disorder. Behaviour Research & Therapy, 39, 913-927.

c. Artikel Jurnal Dengan Tujuh Atau Lebih Penulis


Format APA:
Nama penulis 1,2,3,4,5,6, et al. (Tahun). Judul jurnal. Penerbit (harus ditulis miring), Volume (Nomor), Halaman.
Contohnya:
  • Caramiello, S., Mariani, C. R., Mallegni, F., Ottini, L., Palmirotta, R., Rossi, L., et al. (2001). Taphonomy fosil tulang hominid dari situs Acheulean Castel di Guido dekat Roma, Italy. Journal of Human Evolution, 41 , 211-225.

d. Artikel Majalah


Format APA:
Nama penulis. (Tahun, bulan tgl). Judul Artikel. Penerbit (harus ditulis miring), Halaman.
Contohnya:
  • Raloff, J. (2001, May 12). Lead therapy won't help most kids. Science News, 159 , 292.
  • Greenberg, G. (2001, August 13). Sama Saja Sudah Mati: Apakah Memang Ada Yang Namanya Kematian Otak?. New Yorker, 36-41.

e. Artikel Surat Kabar


Tidak seperti majalan lain, hal atau hal mendahului halaman referensi, untuk sebuhan surat kabar di APA Style. Halaman tunggal mengambil hal, misalnya, hal B2; beberapa halaman mengambil hal, misalnya, hal. B2, B4 atau hal. C1, C3-C4.

Format APA:
Nama penulis. (Tahun, bulan tgl). Judul Artikel. Penerbit (harus ditulis miring), Halaman.
Contohnya:
  • Crossette, B. (1990, January 23). India Iodges First Charges in Arms Scandal. New York Times, A4.
  • Schultz, S. (2005, Desember 28). Panggilan Dilakukan Untuk Meperkuat Kebijakan Energi Negara. Negeri Hari Ini, 1A, 2A.

4. Pustaka Dalam Bentuk Artikel Jurnal Online


a. Artikel dengan DOI Assigned


Format APA:
Nama Penulis. (Tahun). Judul Artikel. Penerbit (harus ditulis miring), Volume (Nomor), Halaman. DOI :
Contohnya:
  • Dewi, R., Rezkiki, F., & Lazdia, W. (2019). Studi Fenomenology Pelaksanaan Handover Dengan Komunikasi SBAR. Jurnal Endurance : Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 4(2), 350-358. doi:10.22216/jen.v4i2.2773
  • Sudarsono, E. K. R., Sasmita, J. F. A., Handyasto, A. B., Arissaputa, S. S., & Kuswantiningsih, N. (2017). Peningkatan Pengetahuan Tentang Hipertensi Guna Perbaikan Tekanan Darah Pada Anak Muda Di Dusun Japanan, Margodadi, Sayegan, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(3), 26-38. doi:10.22146/jpkm.23286

b. Artikel Dari Jurnal Elektronik (tidak ada versi cetak)


Format APA:
Nama Penulis. (Tahun). Judul Artikel. Penerbit (harus ditulis miring), Volume (Nomor), Halaman. Diperoleh dari https://www/full/url/
Contohnya:
  • Lodewijkx, H. F.M. (2001). Individula Group Continuity in Cooperation and Competition Undervarying Communication Conditions. Current Inssues in Social Psychology, 6(12), 166-181. Retrieved from http://www.uiowa.edu/~grpproc/crisp/crisp.6.12.html
  • Ashe, D. D., & McCutcheon, L. E. (2001). Shyness, Ioneliness, and Attitude Toward Celebrities. Current Research in Social Psychology, 6(9). Retrieved from http://www.uiowa.edu/~ grpproc/crisp/crisp.6.9.html

c. Artikel Surat Kabar Dari Online Database


Format APA:
Nama penulis. (Tahun, bulan tgl). Judul Artikel. Penerbit (harus ditulis miring), Halaman. Diperoleh dari
Contohnya:
  • Altman, L. K. (2001, January 18). Penyakit misterius sering berubah menjadi histeria massal. New York Times . Retrieved from the ProQuest Newspapers database.

d. Artikel Surat Kabar Dari Website


Format APA:
Nama penulis. (Tahun, bulan tgl). Judul Artikel. Penerbit (harus ditulis miring), Halaman. Diperoleh dari
Contohnya:
  • Cary, B. (2001, June 18). Mentors of the mind. Los Angeles Times. Retrieved from http://www.latimes.com
Sebenarnya menulis daftar pustaka itu mudah, daftar pustaka terlihat sulit karena ada beragam gaya bahasa yang digunakan dalam penulisannya. Akan tetapi jika kalian tau format penulisannya, hal itu akan memudahkan kalian dalam menulis daftar pustaka. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menulis Daftar Pustaka Yang Baik Dan Benar Beserta Contohnya "