Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Analisis SWOT, Tujuan, Unsur-Unsur, Manfaat, Dan Contohnya

Pengertian Analisis SWOT, Tujuan, Unsur-Unsur, Manfaat, Dan Contohnya - SWOT merupakan akronim dari strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman), dimana SWOT dijadikan sebagai suatu model dalam menganalisis suatu organisasi yang berorientasi pada profit dan non profit dengan tujuan utama untuk mengetahui keadaan organisasi tersebut secara lebih komprehensif.

Pengertian Analisis SWOT, Tujuan, Unsur-Unsur, Manfaat, Dan Contohnya
Analisis SWOT

Istilah SWOT sendiri sering kali kita jumpai dalam ruang lingkup ekonomi dan bisnis. SWOT digunakan dalam menganalisis suatu perusahaan untuk menentukan sebuah keputusan strategis tentang rancangan kedepan. Karena sebuah perusahaan bisnis yang baik memiliki strategi bisnis yang baik pula dalam menjalankan usahanya. Berikut ini mari kita simak penjelasan mengenai analisis SWOT.

Pengertian Analisis SWOT


Analisis SWOT merupakan suatu bentuk analisis situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberikan gambaran). Analisis ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai faktor masukan, yang kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Analisis SWOT adalah alat analisis yang ditujukan untuk menggambarkan situasi-situasi yang sedang dihadapi atau mungkin akan dihadapi oleh organisasi. 

Baca Juga: Pengertian SOP, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Unsur, Jenis, dan Contoh SOP

Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan strengths (kekuatan) dan opportunities (peluang), namun secara bersamaan dapat meminimalkan weakness (kelemahan) dan threats (ancaman). Dalam menentukan sebuah keputusan strategis, perusahaan memerlukan pertimbangan terhadap faktor internal yang mencakup kekuatan dan kelemahan, maupun faktor eksternal yang mencakup peluang dan ancaman. Oleh karena itu, maka diperlukan adanya pertimbangan-pertimbangan penting untuk analisis SWOT. 

Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

 

1. Fredy Rangkuti


Menurut Fredy Rangkuti, analisis SWOT merupakan identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada hubungan atau interaksi antara unsur internal, yaitu kekuatan (strengths) dan kelemahan (weakness), terhadap unsur-unsur eksternal yaitu peluang (opportunities) dan ancaman (threats). 

2. Daniel Start dan Ingie Hovland


Menurut Daniel Start dan Ingie Hovland, analisis SWOT adalah instrument perencanaan strategis yang klasik. Dengan menggunakan instrument yang berupa kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) serta peluang (opportunities) dan ancaman (threats), instrument ini memberikan cara sederhana untuk memperkirakan cara terbaik untuk melaksanakan sebuah strategi. 

3. Sondang P. Siangian


Menurut Sondang P. Siangian, analisis SWOT merupakan sebuah instrument analisis yang ampuh jika digunakan dengan tepat, dan telah diketahui pula secara luas bahwa “SWOT” merupakan akronim untuk kata strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). 

4. Philip Kotler


Menurut Philip Kotler, Analisis SWOT diartikan sebagai evaluasi terhadap keseluruhan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. 

5. Gitosudarmo


Menurut Gitosudarmo, Analisis SWOT merupakan pendekatan dari strengths, weaknesses, opportunities, and threats, yang kemudian diterjemahkan menjadi : kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Tujuan Dan Fungsi Analisis SWOT


Dalam penerapannya, analisis SWOT bertujuan untuk memberikan suatu panduan agar sebuah organisasi menjadi lebih fokus, sehingga dengan penempatan analisis SWOT dapat dijadikan sebagai perbandingan pikir dari berbagai sudut pandang, baik hal itu dari segi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman.

Analisis SWOT berfungsi untuk memperoleh suatu informasi dari analisis situasi yang dilakukan dan kemudian memisahkannya dalam pokok persoalan internal (kekuatan dan kelemahan) dan pokok persoalan eksternal (peluang dan ancaman).

Hasil dari analisis SWOT tersebut yang kemudian akan menjelaskan apakah informasi yang didapatkan akan berdedikasi untuk membantu sebuah organisasi dalam mencapai tujuannya atau memberikan indikasi bahwa terdapat rintangan yang harus dihadapi atau diminimalkan oleh organisasi tersebut.

Unsur-Unsur Analisis SWOT


1. Strengths (Kekuatan)


Kekuatan merupakan unsur-unsur yang dapat diunggulkan oleh suatu perusahaan seperti halnya keunggulan dalam produk yang dapat diandalkan, memiliki keterampilan dan berbeda dengan produk lain. sehingga dapat membuat perusahaan tersebut lebih kuat dari para pesaingnya.

2. Weaknesses (Kelemahan)


Kelemahan adalah kekurangan atau keterbatasan dalam hal sumber daya yang ada pada perusahaan baik itu keterampilan atau kemampuan yang menjadi penghalang bagi kinerja organisasi. keterbatasan atau kekurangan sumber daya, keterampilan dan kapabilitasas yang secara serius dapat menghambat kinerja efektif sebuah perusahaan.

3. Opportunities (Peluang)


Peluang merupakan berbagai hal dan situasi yang menguntungkan bagi suatu perusahaan, serta kecenderungan-kecenderungan yang merupakan salah satu sumber peluang.

4. Threats (Ancaman)


Ancaman adalah faktor-faktor lingkungan yang tidak menguntungkan untuk suatu perusahaan jika tidak diatasi maka akan menjadi hambatan bagi perusahaan yang bersangkutan baik masa sekarang maupun yang akan datang.

Ancaman merupakan pengganggu utama bagi posisi perusahaan. Adanya pesaing baru, pertumbuhan pasar yang lambat, meningkatnya kekuatan tawar-menawar pembeli atau pemasok penting, perubahan tekhnologi, serta peraturan baru atau yang direvisi dapat menjadi ancaman bagi keberhasilan perusahaan.

Faktor Yang Mempengaruhi Analisis SWOT


Untuk menganalisis secara lebih dalam, maka perlu dilihat faktor internal dan eksternal sebagai bagian penting dalam analisis SWOT, yaitu:

1. Faktor Internal


Faktor ini akan mempengaruhi terbentuknya strengths and weaknesses (S dan W). Dimana faktor ini menyangkut kondisi yang terjadi dalam peruhaan, dimana hal ini turut mempengaruhi terbentuknya pembuatan keputusan (dicision making) perusahaan.

Faktor internal ini meliputi semua manajemen fungsional : pemasaran, keuangan, operasi, sumber daya manusia, penelitian, dan pengembangan, sistem informasi manajemen, dan budaya perusahaan (corporate culture).

2. Faktor Eksternal


Faktor eksternal ini akan mempengaruhi terbentuknya opportunities and threats (O dan T). Dimna faktor ini menyangkut dengan kondisi-kondisi yang terjadi di luar perusahaan yang mempengaruhi dalam pembuatan keputusan perusahaan. faktor ini mencakup lingkungan industri (industry environment), ekonomi, politik, hukum, teknologi, kependudukan, dan sosial budaya.

Manfaat Analisis SWOT


Manfaat atau kegunaan analisis SWOT adalah:
  • Mampu memberikan gambaran suatu organisasi dari empat sudut dimensi, yaitu strengths, weaknesses, opportunities, and threats. Sehingga pengambil keputusan dapat melihat dari empat dimensi ini secara lebih komprehensif.
  • Dapat dijadikan sebagai rujukan pembuatan rencana keputusan jangka panjang.
  • Mampu memberikan pemahaman kepada para stakeholders yang berkeinginan menaruh simpati bahkan bergabung dengan perusahaan dalam suatu ikatan kerjasama yang saling menguntungkan.
  • Dapat dijadikan penilaian rutin dalam melihat progress report dari setiap keputusan yang telah dibuat selama ini.

Contoh Analisis SWOT


1. Telkomsel Strategic Business Plan


a. Lingkungan Internal


Strengths
  • Database Pelanggan yang sangat besar
  • Coverage Area paling luas dan BTS Terbanyak
  • Kestabilan Kekuatan Finansial
  • Telkomsel merupakan provider telekomunikasi terbaik di Indonesia dilihat dari jumlah pelanggan
  • Inovator Produk Telekomunikasi
Weaknesses
  • Terikat/Tidak Independen karena merupakan anak perusahaan PT Telkom
  • Ketergantungan dengan Telkom
  • Penerapan Sistem Hard Cluster yang masih belum berjalan dengan baik
  • Kerangka pembuatan program loyalitas untuk outlet masih sederhana dan tidak begitu jauh berbeda dengan kompetitor (pesaing)
  • Masih belum bisa untuk memaksimalisasi peran outlet sebagai media pemasaran

b. Lingkungan Ekstrenal


Opportunities
  • Pemakaian internet yang terus berkembang, terutama di bidang sosial media
  • Tren peningkatan daya beli pelanggan
  • Bisnis gelombang baru
Threats
  • Peraturan pemerintah tentang kebebasan dalam indiustri telekomunikasi menjadi keragu-raguan
  • Pemilu yang bisa menganggu stabilitas negara
  • Kompetisi diantara operator untuk menawarkan harga serendah-rendahnya
  • Perkembangan dari kapabilitas internet bisa mengancam komunikasi tradisional yang menjadi sumber penghasilan utama perusahaan 

Dapat disimpulkan bahwasanya analisis SWOT merupakan sebuah metode analisis yang sangat dibutuhkan dalam mengembangkan sebuah organisasi atau perusahaan. Karena dalam perjalannya sebuah perusahaan akan menemukan banyak rintangan ataupun masalah. Oleh karena itu, dengan menganalisis semua kemungkinan yang akan terjadi kedepannya, perusahaan tersebut dapat meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan tersebut.

Posting Komentar untuk "Pengertian Analisis SWOT, Tujuan, Unsur-Unsur, Manfaat, Dan Contohnya "